Ahad 26 Feb 2023 12:46 WIB

Wamendag: Investasi Aset Kripto Semakin Diminati Anak Muda

Investasi aset kripto semakin dinikmati oleh anak muda.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Uang kripto (ilustrasi). Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyebut, investasi aset kripto semakin dinikmati oleh anak muda di Indonesia.
Foto: Pixabay
Uang kripto (ilustrasi). Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyebut, investasi aset kripto semakin dinikmati oleh anak muda di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyebut, investasi aset kripto semakin dinikmati oleh anak muda di Indonesia. Kemendag mencatat, lebih dari separuh pelanggan aset kripto berada pada rentang usia 18 tahun hingga 35 tahun.

Survei dari Center of Economic and Law Studies (Celios) pun menunjukkan, aset kripto berada pada urutan ketiga instrumen investasi yang dimiliki masyarakat Indonesia. Sebanyak 21,1 persen responden memiliki instrumen investasi aset kripto. Angka ini berada di bawah reksa dana (29,8 persen) dan saham (21,7 persen) dengan rata-rata penempatan dana yang dilakukan masyarakat.

Baca Juga

Jerry menyampaikan, perdagangan aset kripto merupakan bagian ekonomi digital yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Google juga memproyeksikan potensi ekonomi digital Indonesia pada 2025 akan mencapai 146 miliar dolar AS, terbesar di Asia Tenggara.

Ia pun menyinggung, konsep aset kripto dan blockchain akan memberikan pengaruh luas dan intensif dalam berbagai sektor serta mengubah pola pengaturan ekonomi perdagangan menjadi berbasis otoritas pasar dan komunitas. “Maka dari itu, aset kripto harus teratur dan terlembaga serta harus berada di bawah pengaturan negara, sehingga mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat serta dapat memberikan manfaat terbaik bagi perekonomian nasional,” katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (26/2/2023).

Jerry menyampaikan, pihaknya melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) terus berupaya menyempurnakan peraturan terkait perdagangan fisik aset kripto serta memberikan kesempatan kepada anak bangsa untuk terus berinovasi dalam mengembangkan aset kripto untuk diperdagangkan. Bappebti telah mengeluarkan peraturan terbaru yaitu Peraturan Nomor 11 Tahun 2022 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto sebanyak 383 jenis aset kripto di mana di antaranya terdapat sekitar 10 aset kripto lokal.

Selain itu, Bappebti juga telah menerbitkan Peraturan Bappebti Nomor 13 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka.

“Bappebti dan para pemangku kepentingan terus berupaya meningkatkan literasi kepada masyarakat, karena tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu tolak ukur bahwa sebuah industri sudah matang juga ditunjukkan oleh kematangan literasi dari masyarakat yang terlibat,” jelas Jerry.

Pemerintah bersama DPR telah mengesahkan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK), melalui beleid tersebut, pengawasan aset kripto dan produk derivatif keuangan akan diawasi juga oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Itu merupakan perwujudan pengambilan kebijakan oleh pemerintah di mana kedua industri ini beririsan dengan sektor keuangan. Diharapkan dengan peralihan pengawasan tersebut dapat memberikan ruang pengaturan dan manajemen risiko yang lebih baik.

Dalam enam bulan ke depan, Bappebti bersama kementerian/lembaga lainnya akan menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang akan mengatur secara teknis mekanisme masa peralihan wewenang pengaturan dan pengawasan perdagangan fisik aset kripto selama dua tahun ke depan.

“Sebelum masa peralihan tersebut berakhir, kami menargetkan seluruh kelembagaan pada ekosistem perdagangan fisik aset kripto akan segera terbentuk. Hal ini menjadi sebuah penegasan komitmen Kementerian Perdagangan terhadap perkembangan perdagangan fisik aset kripto yang adil serta berorientasi kepada perlindungan masyarakat,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement