Kamis 23 Feb 2023 20:12 WIB

Perdana di Payakumbuh, PLN Hadirkan SPKLU Fast Charging

PLN menghadirkan SPKLU fast charging pertama di Kota Payakumbuh.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Petugas membersihkan unit SPKLU (ilustrasi). PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) fast charging pertama di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat dengan daya sebesar 82,5 kVA.
Foto: ANTARA FOTO/Jojon
Petugas membersihkan unit SPKLU (ilustrasi). PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) fast charging pertama di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat dengan daya sebesar 82,5 kVA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) fast charging pertama di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat dengan daya sebesar 82,5 kVA. Ketersediaan SPKLU terus dimasifkan oleh PLN untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik.

Walikota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan, kehadiran SPKLU pertama di Kota Payakumbuh menumbuhkan keyakinan terhadap masyarakat bahwa tak perlu ragu lagi mempunyai kendaraan listrik. Kota Payakumbuh dinilai telah tumbuh menjadi kota maju yang dapat mengakomodasi kebutuhan para pemilik mobil listrik.

Baca Juga

“Alhamdulillah, kebanggan luar biasa bagi Kota Payakumbuh dipilih sebagai tempat pembangunan SPKLU karena ragam manfaat dan kegunaannya nanti akan dirasakan masyarakat seiring dengan masuknya era kendaraan listrik. Semoga semakin banyak warga Payakumbuh yang memiliki kendaraan listrik yang terbukti sangat nyaman, tidak bising, sangat hemat, dan ramah lingkungan,” ucap Rida melalui keterangan resmi, Kamis (23/2/2023).

 

Kota Payakumbuh menjadi salah satu lokasi strategis untuk ekosistem kendaraan listrik dan diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target emisi karbon Indonesia sebesar 29 persen pada 2030 dan net zero emission (NZE) atau nol emisi karbon pada 2060.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyampaikan, kehadiran SPKLU perdana di Payakumbuh menjadi bukti keseriusan PLN dalam mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik dalam rangka transisi energi.

“PLN percaya, kendaraan listrik akan menjadi kendaraan mayoritas masyarakat di masa yang akan datang. Maka kami siap mendukung ekosistem baru kendaraan listrik di antaranya dengan penyediaan fasilitas pengisian daya SPKLU,” kata Darmawan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement