Senin 20 Feb 2023 15:25 WIB

UD Trucks Dukung Penerapan Biodiesel B35 di Indonesia

UD Trucks berkomitmen membawa kendaraan yang bisa memenuhi standar B35.

UD Trucks (ilustrasi). UD Trucks berkomitmen membawa kendaraan yang bisa memenuhi standar B35.
Foto: Republika/Eric
UD Trucks (ilustrasi). UD Trucks berkomitmen membawa kendaraan yang bisa memenuhi standar B35.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- UD Trucks Indonesia mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan biodiesel B35, yang merupakan bagian dari komitmen untuk mengatasi dampak perubahan iklim seperti yang tertuang dalam Pertemuan Tahunan Conference of the Parties (COP)-27 UNFCCC di Mesir.

"Indonesia menjadi negara yang pertama untuk mengadaptasi program B35 dengan tujuan untuk mengatasi dampak perubahan iklim. Hal ini sejalan dengan moto kami di UD Trucks untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi planet, masyarakat dan logistik," kata Wakil Direktur PT UD Astra Motor Indonesia Rahmat Samulo dalam keterangan resmi, Senin (20/2/2023).

Baca Juga

UD Trucks berkomitmen membawa kendaraan yang bisa memenuhi standar B35, yang sudah mereka lakukan sejak tahun lalu. Dengan menerapkan penggunaan biodiesel dengan kandungan tinggi, Indonesia secara bertahap bisa mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan beralih ke bahan bakar yang ramah lingkungan.

"Melalui Quester Euro 5 ini, kami yakin bahwa para pelanggan UD Trucks dapat terus menggunakan produk kami untuk bisnis mereka," kata Rahmat.

Perusahaan kendaraan komersial asal Jepang ini telah mempersiapkan segala sesuatunya sejak 24 Maret 2022 melalui peluncuran produk Quester yang sudah mengusung standar emisi Euro 5. UD Trucks menghadirkan Quester Euro 5 ini sudah didesain sesuai dengan standar emisi Euro 5 yang menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Sistem itu memastikan emisi gas buang yang lebih rendah dengan nitrogen oksida (NOX) yang diminimalkan.

Teknologi SCR menggunakan, bahan bakar diesel B35 sambil tetap mempertahankan emisi gas buang. Karena pengolahan gas buang dilakukan di saluran pembuangan yaitu melalui Catalytic Converter yang mengubah NOX menjadi gas nitrogen dan uap air dengan menyuntikkan cairan AdBlueke dalam gas buang.

UD Trucks Indonesia meyakini bahwa performa dan efisiensi mesin akan tetap sama karena semua komponen tambahan hanya bekerja setelah gas buang keluar dari mesin.

Kepala Pemasaran dan Pengembangan Bisnis UD Astra Motor Indonesia Christine Arifin meyakini dengan peluncuran lini produk Quester dengan standar emisi Euro 5, mereka akan dapat mengadaptasi perkembangan yang dilakukan saat ini melalui penggunaan bahan bakar B35.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement