Kamis 16 Feb 2023 16:55 WIB

Keuntungan Menggunakan Payment Link bagi Pembayaran Bisnis

Payment link sangat fleksibel penggunaannya cocok untuk bisnis apapun.

Salah satu penyedia layanan pembayaran digital yang menyediakan fitur payment link adalah Fazz Business.
Foto: Fazz Business
Salah satu penyedia layanan pembayaran digital yang menyediakan fitur payment link adalah Fazz Business.

REPUBLIKA.CO.ID, Metode pembayaran populer yang akhir-akhir ini sering digunakan adalah payment link. Pembayaran melalui payment link dilakukan secara online guna membayar transaksi dengan nominal tertentu. Link pembayaran ini akan dikirimkan melalui pesan teks, email, aplikasi bahkan juga sosial media.

Bentuk pembayaran umumnya berupa URL atau QR code yang akan mengarahkan pembeli atau pelanggan ke halaman sebuah website. Ini artinya, jika menerima link ini, maka pengguna bisa melakukan checkout untuk menyelesaikan transaksi yang telah dilakukan.

Sistem pembayaran dengan menggunakan link ini disediakan oleh penyedia layanan pembayaran dan fungsinya mirip seperti faktur. Dengan demikian pemilik bisnis akan bisa memanfaatkan cara pembayaran praktis ini sebagai sebuah invoice.

Karena sistem pembayaran ini sangat fleksibel maka penggunaannya sangat cocok untuk bisnis apapun. Bisnis tersebut tak terbatas pada usaha yang pengelolaannya secara online saja. Bahkan bisnis offline pun bisa menggunakan sistem pembayaran seperti ini.

Keuntungan menggunakan payment link

Selain lebih mudah dan praktis pembayaran dengan menggunakan metode payment link memberikan banyak keuntungan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa dirasakan ketika menggunakan link pembayaran:

1.  Keuntungan bagi pembeli

●  Menerima pembayaran dengan menggunakan link

Keuntungan pertama jika menggunakan sistem pembayaran menggunakan link adalah tak perlu lagi melakukan login untuk bertransaksi. Dengan adanya tautan pembayaran ini bisa langsung mengarah ke link pembayaran, memeriksa nominal yang akan ditransfer lalu melakukan konfirmasi pembayaran.

●  Dapat menerima apapun jenis pembayaran

Dengan menggunakan link pembayaran, pembeli dapat memilih metode pembayaran yang mereka inginkan. Pembeli bebas memilih mau menggunakan transfer bank sampai e-wallet. Pasalnya tautan pembayaran akan memberikan pilihan tersebut. Alhasil apapun transaksi yang dilakukan akan jadi lebih praktis dan mudah.

2. Keuntungan bagi merchant

Transaksi lebih mudah dan aman

Setiap penjual maupun pembeli tentunya menginginkan transaksi yang dilakukan lebih aman dan mudah. Terutama yang berkaitan dengan transaksi pembayaran. Dengan menggunakan payment link, sebagai penjual akan mendapatkan notifikasi pembayaran. Notifikasi akan muncul beberapa menit setelah pembeli melakukan pembayaran.

● Keamanan transaksi lebih terjamin

Ketika membuat serta membagi link pembayaran, otomatis ini akan didukung dengan gateway pembayaran yang aman. Hal ini karena sebagian besar tautan pembayaran sudah lengkap dengan penanganan scamming. Sehingga keamanan transaksi penjual dan pelanggan akan lebih terjamin.

● Dapat melampirkan pesan khusus

Seperti diketahui, tautan pembayaran ini bisa dikirim ke media sosial atau yang lainnya. Ini artinya, pengguna bisa melampirkan pesan apapun seraya membuat tautan untuk transaksi pembayaran tersebut. Melampirkan pesan khusus pada payment link ini bisa berguna untuk menarik pelanggan, mempromosikan produk dan lain sebagainya.

● Lebih fleksibel dalam bertransaksi

Bagi pemilik bisnis, menggunakan tautan pembayaran akan membuat transaksi jadi lebih fleksibel. Selain itu tautan pembayaran juga lebih bervariasi, salah satunya adalah tersedianya sistem pembayaran dengan cara mencicil. Hal ini pastinya akan membuat pelanggan memiliki lebih banyak pilihan dalam menentukan jenis pembayaran yang sesuai kondisi keuangannya.

● Bisa mengurangi biaya overhead

Dengan menggunakan link pembayaran otomatis akan mengurangi biaya overhead yang berupa perangkat penerimaan pembayaran fisik eksternal. Misalnya seperti terminal POS atau aplikasi khusus dari pihak ketiga.

Maknanya, pebisnis dapat meringkas biaya untuk pemasangan serta pemeliharaan alat juga pelatihan untuk karyawan yang akan bertanggung jawab mengontrol alat tersebut.

Fazz Business, penyedia layanan pembayaran digital untuk pebisnis

Salah satu penyedia layanan pembayaran digital yang menyediakan fitur payment link adalah Fazz Business. Dengan memanfaatkan Fazz Business, pebisnis dapat menyediakan pembayaran bagi pelanggannya dengan menggunakan berbagai metode. Sebut saja QR code, e-wallet, virtual account serta transfer bank. Dengan begitu pelanggan dapat bebas memilih metode untuk membayar setiap tagihan transaksi yang telah dilakukan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement