Jumat 03 Feb 2023 15:08 WIB

China Genjot Impor Bahan Bakar dari Rusia

Embargo bahan bakar Rusia oleh Eropa telah mendorong minyak ke wilayah Asia.

Kilang independen China meningkatkan impor bahan bakar minyak diskon yang dicampur dari barel Rusia untuk digunakan sebagai bahan baku berbiaya rendah.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Kilang independen China meningkatkan impor bahan bakar minyak diskon yang dicampur dari barel Rusia untuk digunakan sebagai bahan baku berbiaya rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Kilang independen China meningkatkan impor bahan bakar minyak diskon yang dicampur dari barel Rusia untuk digunakan sebagai bahan baku berbiaya rendah. Ini dilakukan di tengah kekurangan kuota impor minyak mentah pemerintah, menurut sumber dan data perdagangan.

Sanksi Barat atas invasi Rusia ke Ukraina, termasuk embargo 5 Februari yang membayangi dan batas harga produk olahan, telah mendorong bahan bakar minyak Rusia ke Asia dengan diskon menarik sejak tahun lalu. Ini telah membanjiri pusat transfer kapal-ke-kapal Malaysia dan Fujairah Uni Emirat Arab sejak kuartal kedua tahun 2022.

Baca Juga

Pedagang mencampur barel ini dengan minyak lain untuk mengubah citra negara asal bahan bakar minyak, membuka jalan bagi asuransi kapal dan pembiayaan yang jika tidak akan dilarang di bawah sanksi, kata sumber perdagangan.

Diskon yang ditawarkan pada kargo bahan bakar minyak ini membantu meningkatkan margin di kilang independen China dan menggantikan minyak mentah yang tidak dapat diimpor oleh beberapa perusahaan tanpa kuota, kata sumber tersebut. Perdagangan tersebut juga menyediakan cara untuk membawa minyak Rusia ke pasar dan membawa pendapatan ekspor yang sangat dibutuhkan ke Moskow.

"Kami telah menargetkan bahan bakar minyak Rusia sejak Desember. Harganya murah dan tidak memerlukan kuota impor (mentah)," kata seorang eksekutif di kilang independen di provinsi Shandong timur.

Pabrik penyulingan tersebut belum menerima kuota minyak mentah pemerintah selama sekitar satu tahun terakhir dan membeli sebagian besar bahan bakar langsung untuk memproduksi solar dan bensin, kata eksekutif tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Harga bahan bakar campuran ini terakhir diperdagangkan dengan diskon sekitar 5 dolar AS untuk patokan minyak mentah ICE Brent berdasarkan pengiriman Shandong, kata satu sumber.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement