Kamis 26 Jan 2023 06:30 WIB

UMKM Binaan PLN Berhasil Ekspor Produk Olahan Pertanian

Pelaku UMKM merasakan manfaat pelatihan dari Rumah BUMN PLN.

Rumah BUMN PLN (ilustrasi). Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Pawon Pengsong di Kabupaten Lombok Barat, NTB, mengekspor produk olahan hasil pertanian ke Amerika Serikat setelah mendapat pembinaan dari Rumah BUMN, yang dikelola PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat.
Foto: dok. PLN UID Jatim
Rumah BUMN PLN (ilustrasi). Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Pawon Pengsong di Kabupaten Lombok Barat, NTB, mengekspor produk olahan hasil pertanian ke Amerika Serikat setelah mendapat pembinaan dari Rumah BUMN, yang dikelola PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Pawon Pengsong di Kabupaten Lombok Barat, NTB, mengekspor produk olahan hasil pertanian ke Amerika Serikat setelah mendapat pembinaan dari Rumah BUMN, yang dikelola PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat.

"Kami mengekspor produk, meskipun masih dengan skala eceran, yaitu ke Nevada dan Florida, Amerika Serikat," kata pemilik UKM Pawon Pengsong Nuraida di Kabupaten Lombok Barat, NTB, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga

Ia mengaku, menjadi salah satu peserta program pelatihan yang diberikan oleh PLN melalui Rumah BUMN. Pelatihan yang diikuti berupa pelatihan manajemen, keuangan, dan pemasaran digital.

Menurut Nuraida, manfaat dari pelatihan tersebut cukup beragam, mulai dari memasarkan produk di berbagai platform marketplace, hingga cara meyakinkan calon pembeli meskipun hanya lewat daring (online). "Sementara, untuk pelatihan keuangan, kami diajarkan mengubah manajemen keuangan di sebuah perusahaan sampai akhirnya manfaat tersebut saya rasakan sendiri," ujar Nuraida.

Nuraida menambahkan UKM miliknya bergerak di bidang makanan dan minuman. Seperti serbat jahe, aneka olahan kopi, aneka olahan teh herbal, dan biskuit.

Ia mengaku berhasil memperoleh omzet Rp 20 juta hingga Rp 25 juta per bulan dari usaha yang mulai dibangun sejak Juni 2019 dan berhasil menembus pasar ekspor. "Alhamdulillah, hadirnya PLN di UKM kami menjadi titik balik kebangkitan Pawon Pengsong. UKM kami mulai berhasil mengekspor produk ke Amerika Serikat. Untuk sampel, kita sudah ada di beberapa negara, yaitu Turki, Ghana, Korea Selatan, Australia, Filipina, Malaysia, dan Brunei Darussalam," ucap Nuraida.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi, dan Umum PLN NTB Refa Purwati menjelaskan salah satu misi PLN adalah agar listrik dapat berperan dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. Melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), PLN ingin UKM binaan semakin memperluas jangkauan pasar dan memiliki daya saing hingga ke level global.

"Tugas PLN selain melistriki masyarakat, juga memiliki tanggung jawab sosial, guna memberdayakan masyarakat di sekitar agar memiliki tingkat ekonomi yang lebih baik dengan memberdayakan kemampuan yang dimiliki, juga diharapkan mereka bisa membuka peluang kerja di lingkungan sekitarnya," kata Refa.

Ia mengatakan UKM Pawon Pengsong tergabung dalam Rumah BUMN Lombok Barat yang juga dikelola oleh PLN. Melalui program yang dijalankan, PLN ikut mendukung UKM melalui program pelatihan untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi UKM.

"Ini merupakan peran aktif PLN dalam mengembangkan UKM yang bertujuan mendukung inovasi dan kreativitas masyarakat dalam dunia kewirausahaan. Adanya bantuan ini akan meningkatkan produktivitas para pelaku UKM sehingga dapat melebarkan pasar penjualan produk," ujar Refa.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement