Kamis 12 Jan 2023 20:54 WIB

Gubernur Bank Sentral Ditantang Rezim 'Ekonomi Baru'

Bank sentral AS sudah menyesuaikan diri dengan sejumlah perubahan yang tidak terduga.

Gedung Federal Reserve di AS
Foto: Reuters/VOA
Gedung Federal Reserve di AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Selama kira-kira 30 tahun, para pembuat kebijakan Federal Reserve dan bank sentral lainnya menikmati dunia di mana suku bunga pasar turun, inflasi rendah, globalisasi secara efektif memperluas pasokan tenaga kerja. Pada margin, pasar barang dan layanan menjadi lebih terbuka dan stabil. Tren tersebut sekarang telah ditentang jika tidak diubah sama sekali oleh pandemi COVID-19 dalam gangguan yang berisiko membuat pembuat kebijakan terpaut tentang apa yang diharapkan.

Bank sentral AS sudah menyesuaikan diri dengan satu set perubahan yang tidak terduga, pecahnya inflasi ditambah dengan terhentinya pertumbuhan angkatan kerja AS. Tapi itu mungkin hanya permulaan dari perhitungan panjang tentang bagaimana dinamika ekonomi telah bergeser, menantang para gubernur bank sentral untuk mengimbangi dan menggali lebih dalam ke bidang-bidang yang biasanya bukan bidang mereka, seperti ekonomi organisasi industri dan sisi penawaran.

Baca Juga

Ekonom kadang-kadang menggambarkan jenis perubahan yang mungkin sedang berlangsung dalam hal "rezim" ekonomi baru. "Tetapi, identifikasi menjadi semacam bentuk seni," kata Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic akhir pekan lalu pada sebuah panel pada pertemuan tahunan Amerika. 

“Anda harus mengidentifikasi perubahan rezim. Kemudian Anda harus memahami dinamika transisi dan memiliki visi dan wawasan yang jelas tentang semua itu," katanya.

 

Bostic menilai pasar tenaga kerja AS kemungkinan besar telah berubah, meninggalkan ekonomi dengan minim pekerja serta populasi yang membuat pilihan berbeda tentang tenaga kerja, waktu luang, dan pensiun daripada sebelumnya.

Bahkan ketika perubahan menjadi jelas sedang berlangsung, perlu waktu bagi institusi seperti Fed untuk beradaptasi. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement