Senin 09 Jan 2023 17:10 WIB

Menkeu Tegaskan, Inflasi Bahan Makanan Masih Jadi Fokus Pemerintah

Selain inflasi, defisit juga cukup menarik perhatian pemerintah.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolandha
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani menyatakan, inflasi masih menjadi salah satu fokus pemerintah.
Foto:

“Ini membangun fondasi jangka menengah dari perekonomian Indonesia dan inilah yang menjadi cerita narasi positif dari ekonomi Indonesia. Covidnya dikerjakan atau dikelola dan di-manage dengan baik, pemulihan ekonomi terjadi, APBN nya menjadi lebih sehat,” tutur dia.

Tidak hanya itu, memasuki pemilu 2023, Menkeu juga menyatakan optimis akan membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia dikarenakan aktifitas dari seluruh partai politik. “Pasti ini akan menimbulkan dampak terhadap kegiatan politik yang berdampak pada kegiatan ekonomi yang positif. Menurut saya sih akan positif,” kata Sri Mulyani.

Maka dalam menghadapi 2023, ia menegaskan tetap optimis dan penuh harapan namun tetap waspada. Pemerintah optimistis kondisi perekonomian akan semakin membaik melalui APBN sebagai instrumen penjaga masyarakat dan perekonomian, namun tetap waspada menghadapi dinamika ke depan karena risiko ketidakpastian yang masih tinggi. 

“Jadi kita tetap harus waspada dan harus melihat banyak opportunity, tapi juga banyak yang business unusual. Jadi kita nggak boleh business as usual dalam hal ini, baik dari sisi perdagangan, investasi dan dari kebijakan-kebijakan kita di dalam menjaga fondasi ekonomi kita,” tuturnya.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement