REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama 2022, DANA menunjukkan peningkatan signifikan dalam melayani kebutuhan para pengguna. Khususnya dalam bertransaksi secara digital dan menduduki peringkat pertama kategori 'Top Improvers' dalam Bank and Payment System Consideration Rankings 2022 oleh YouGov.
Dompet digital itu pun mencatat angka pertumbuhan positif jelang tutup 2022. Ekosistem keuangan digital yang semakin banyak digunakan oleh pengguna dalam bertransaksi sehari-hari ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata jumlah transaksi harian di aplikasi DANA sebesar 160,30 persen pada November 2022 year to date atau sekitar 16,4 juta transaksi.
Kebiasaan pengguna dalam bertransaksi secara digital untuk melakukan transaksi kirim uang juga meningkat signifikan, yaitu sebesar 323,46 persen pada November 2022 year to date (ytd). Berbagai fitur unggulan lainnya juga mencatatkan kenaikan yang signifikan, di antaranya pembayaran QRIS sebesar 374,25 persen, pembayaran tagihan sebesar 172,47 persen dan transaksi pembelian emas digital sebesar 262,87 persen.
Hal itu menandakan semakin tingginya tingkat kepercayaan pengguna dalam memanfaatkan DANA sebagai solusi layanan keuangan modern yang aman, nyaman, dan terpercaya.
“Potensi yang lahir dari perkembangan teknologi menjadi peluang bagi PJP untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan yang pada akhirnya akan mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia," ujar Chief of Product DANA Indonesia Rangga Wiseno dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (4/1).
Ia menjelaskan, peningkatan transaksi dari berbagai fitur di dompet digital DANA menunjukkan komitmen DANA untuk selalu menghadirkan pengalaman bertransaksi terbaik bagi masyarakat. Dirinya pun memastikan layanan dari dompet digital DANA dapat menjadi solusi keuangan modern dalam memenuhi kebutuhan keuangan berbasis gaya hidup bagi lebih banyak lagi pengguna di seluruh Indonesia.
Pencapaian yang diperoleh DANA pada 2022, kata dia, merupakan salah satu indikator meningkatnya penerimaan masyarakat terhadap transformasi digital serta menjadi salah satu pendorong bagi DANA agar terus berkontribusi dalam mempercepat akselerasi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Menutup 2022 dan menyambut 2023, Rangga mengatakan, DANA berupaya meningkatkan performa sebagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) di Indonesia yang memberikan layanan keuangan digital terbaik dan terpercaya bagi para penggunanya.
Client Service Director YouGov Ali Aria menyampaikan, transformasi digital Indonesia masih menunjukkan kecenderungan terus menguat sepanjang 2022. Dompet digital merupakan salah satu segmen dengan pertumbuhan tertinggi di sektor finansial.
"Empat dari lim Top Improver dalam Bank and Payment System Consideration ranking diisi brand-brand dompet digital dan bank digital. Hal ini menunjukkan potensi pertumbuhan yang besar bagi ekosistem digital Indonesia, seiring perubahan perilaku masyarakat yang masih terus berlanjut selepas pandemi," tuturnya.