Sabtu 31 Dec 2022 19:37 WIB

Minyak Kedelai, Jagung, dan Kanola Bisa Picu Penambahan Berat Badan, Ini Penjelasannya

Sebagian ahli kesehatan setuju bahwa minyak nabati bisa picu penambahan berat badan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Sebagian ahli kesehatan setuju bahwa minyak nabati bisa picu penambahan berat badan.
Foto: Pixnio
Sebagian ahli kesehatan setuju bahwa minyak nabati bisa picu penambahan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minyak nabati, seperti kedelai, jagung, dan minyak kanola, telah lama menjadi makanan pokok banyak orang. Minyak ini biasa digunakan untuk memasak, memanggang, dan sebagai bahan dalam makanan olahan. 

Namun, banyak ahli kesehatan setuju bahwa minyak nabati dapat menyebabkan peradangan dan penambahan berat badan. Pada orang diet, seharusnya kaya akan makanan anti-inflamasi sebanyak mungkin untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bahagia.

Baca Juga

Sejumlah pakar kesehatan seperti Jenny Smith, pelatih kesehatan kedokteran fungsional bersertifikat, lalu ahli gizi terdaftar ASYSTEM, Jay Cowin, dan Kelsey Mauro, konsultan kesehatan usus kedokteran fungsional menjelaskan alasan perlunya menghindari jenis lemak ini. 

Kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi, nutrisi yang rendah, dan jumlah kalori yang sangat banyak membuat minyak ini merusak kesehatan secara keseluruhan. Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Shefinds, Sabtu (31/12/2022).

 

Minyak sayur

Mauro mencatat salah satu alasan minyak nabati dapat menyebabkan peradangan dan penambahan berat badan adalah fakta bahwa itu diproses dengan berbagai bahan kimia dan sangat kaya akan asam lemak omega-6. Dijelaskan bahwa itu merupakan kontributor utama untuk peradangan dan dapat menyebabkan penyakit radang kronis serta peningkatan risiko obesitas.

Asam lemak omega-6 adalah asam lemak esensial yang diperlukan untuk kesehatan, tetapi juga dapat menyebabkan peradangan jika dikonsumsi berlebihan. Sebagian besar minyak nabati mengandung tinggi asam lemak omega-6, dengan minyak kedelai mengandung jumlah tertinggi.

“Minyak ini, setelah diproses, terutama terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda, atau PUFA," kata Smith menjelaskan lebih lanjut. 

Saat dikonsumsi, tubuh menyerangnya sebagai zat asing, menyebabkan peradangan dan hampir semua penyakit. Selain itu, Cowin menunjukkan bahwa minyak sayur juga hanya mengandung sedikit nutrisi, yang berarti memasak dengan minyak ini tidak memberikan banyak manfaat bagi tubuh atau diet, dibandingkan minyak lain yang lebih tinggi lemak tak jenuh seperti zaitun.

Alasan lain bahwa minyak nabati dapat menahan dari tujuan penurunan berat badan adalah karena mengandung kalori tinggi dan dapat berkontribusi pada asupan kalori berlebih. Sementara semua lemak mengandung banyak kalori per gram, minyak nabati sangat padat kalori. 

Misalnya, satu sendok makan minyak sayur mengandung sekitar 120 kalori, yang dapat bertambah dengan cepat jika Anda sering menggunakannya untuk memasak atau sebagai bahan makanan olahan. Faktanya, seperti yang ditunjukkan Smith, rata-rata orang Amerika mendapatkan sekitar 80 persen kalori mereka dari minyak biji. 

Selain berkontribusi terhadap peradangan dan penambahan berat badan, minyak nabati juga memiliki efek negatif pada mikrobioma usus. Mikrobioma usus adalah kumpulan bakteri dan mikroorganisme lain yang hidup di sistem pencernaan dan memainkan peran kunci dalam kesehatan secara keseluruhan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak nabati dapat mengubah keseimbangan mikrobioma usus dengan cara yang dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan lainnya. Ini hanya satu alasan l

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement