Senin 26 Dec 2022 17:38 WIB

Jokowi Minta Slot Penerbangan Akhir Tahun Ditambah

Penambahan slot penerbangan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah wisatawan.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi penerbangan
Ilustrasi penerbangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya untuk menambah slot penerbangan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Penambahan slot penerbangan ini untuk mengantisipasi peningkatan jumlah wisatawan di libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap, penambahan slot penerbangan ini akan menurunkan harga tiket pesawat sehingga lebih terjangkau. “Dan tadi instruksi Bapak Presiden untuk ditambah slot penerbangan sehingga akan lebih banyak ketersediaan kursi. Dan mudah-mudahan nanti tiket pesawat akan lebih terjangkau,” kata Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/12/2022).

Baca Juga

Sandiaga mengatakan, dengan penambahan slot penerbangan ini diharapkan pergerakan wisatawan nusantara akan menembus 800 juta atau di atas target optimis yang sebesar 703 juta. Sedangkan target optimis untuk wisatawan mancanegara sebesar 5,3 juta.

Sandiaga menyebut, permintaan kegiatan berwisata di Indonesia saat ini sudah di atas 2,8 miliar dan mengungguli Thailand, Vietnam, dan juga Malaysia sehingga perlu menambah slot penerbangan. “Slot penerbangan ini akan ditambah, terutama untuk beberapa destinasi wisata,” ujar dia.

Ia menambahkan, pemerintah tengah mengkaji untuk menambah slot penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Juandara Surabaya, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang. “Sementara untuk yang penerbangan ke destinasi wisata ke Wakatobi, Morotai, dan juga penambahan penerbangan ke destinasi wisata seperti di Danau Toba dan Likupang Sulawesi Utara,” kata Sandiaga.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement