Rabu 21 Dec 2022 10:08 WIB

Erick Pimpin BUMN Hidupkan Kembali Legenda Mak Itam, Lebih Cepat dari Target Januari 2023

Erick resmikan Mak Itam yang kembali beroperasi di jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Christiyaningsih
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) menyaksikan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta (kedua kanan) menyiram air pada Lokomotif uap E1060
Foto:

Perbaikan prasarana mencakup perbaikan jalan rel, dua buah jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun, dan dipo. Dilakukan juga penggantian rel, bantalan, penambahan balas, agar perjalanan KA dapat melintas dengan aman.

Untuk jembatan dilakukan pengecatan dan penyanggaan agar lebih kokoh dan laik untuk dilewati kereta api. Adapun untuk pekerjaan terowongan, KAI melakukan grouting atau penguatan dinding terowongan.

Lokomotif Uap E1060 atau Mak Itam diperbaiki agar tekanan uap lokomotif tersebut berada pada 8-11 atm dan mengoptimalkan fungsi pengereman untuk memenuhi standar keselamatan operasional lokomotif uap. Dengan tekanan uap yang cukup, Mak Itam dapat menarik 2-3 kereta pada kelandaian 17 permil di lintas Sawahlunto - Muaro Kalaban.

Tidak bisa sendirian

Andre Rosiade waktu itu mengungkapkan membangun Sumatra Barat tidak bisa dilakukan sendiri, harus dilakukan secara bersama-sama. "Kami ucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan seluruh BUMN yang terlibat dalam merealisasikan pengoperasian kembali KA Mak Itam ini,” ujarnya.

Didiek Hartantyo mengungkapkan kick off ini menjadi tanda dimulainya perbaikan sarana dan prasarana jalur KA Sawahlunto - Muaro Kalaban yang sarat akan potensi pariwisata. "Perbaikan akan dilakukan dengan sebaik mungkin, penuh ketelitian, dan tetap mengutamakan keselamatan,” kata dia.

Didiek menambahkan, momen ini merupakan momen yang istimewa dan bersejarah di mana kolaborasi empat BUMN akan memperbaiki dan mengoperasikan kembali jalur KA yang penuh sejarah. Pengoperasian kembali jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban akan menjadi semangat baru dalam pemulihan perekonomian melalui sektor pariwisata.

Bio Farma berkomitmen mendukung Program Perbaikan Sarana dan Prasarana Jalur KA Sawahlunto - Muaro Kalaban, karena jalur ini memiliki potensi peningkatan ekonomi bagi warga sekitar melalui pariwisata alam. Dengan aktifnya kembali Jalur KA Sawahlunto - Muaro Kalaba, melalui kolaborasi empat BUMN, masyarakat yang berada di jalur tersebut bisa merasakan kehadiran BUMN.

Nugroho Christijanto menekankan dukungan Pupuk Indonesia pada proyek ini dikarenakan adanya harapan akan munculnya sarana edukasi, wisata, dan yang paling penting dapat membangkitkan perekonomian masyarakat setempat pasca pandemi Covid-19.

Pada kesempatan sama, Yosviandri mengatakan reaktivasi Mak Itam merupakan bagian dari menghidupkan kembali sejarah dan wisata edukasi bagi generasi muda, terutama mengenai perkeretaapian dan pertambangan batu bara di Sumatera Barat. PT Semen Padang merupakan bagian dari sejarah pengguna jalur kereta api Sawahlunto. Kereta adalah sarana yang mengangkut batu bara sebagai bahan bakar pabrik semen.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement