Jumat 16 Dec 2022 23:57 WIB

Investor Indonesia Diajak Berinvestasi dalam Pembangunan Apartemen

Tropicana memasarkan dua tower apartemen di Genting Highland untuk menarik investor.

Rep: Fitriyanto/ Red: Bilal Ramadhan
Foto udara pembangunan gedung apartemen (ilustrasi). Tropicana memasarkan dua tower apartemen di Genting Highland untuk menarik investor dari Indonesia.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Foto udara pembangunan gedung apartemen (ilustrasi). Tropicana memasarkan dua tower apartemen di Genting Highland untuk menarik investor dari Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengembang berpengalaman 40 tahun asal Malaysia, Tropicana Corporation Berhad, tengah memasarkan dua tower perdana di proyek terbaru mereka.

Terletak di Genting Highlands yang berjarak 40 menit dari Kota Kuala Lumpur, pengembang rencananya akan membangun kota mandiri bernamaTropicana Windcity seluas 241 hektare dengan berbagai macam fasilitas bertaraf dunia.

Seperti kita ketahui, Genting Highlands menjadi salah satu destinasi turis nomor satu di Malaysia. Salah satu yang terkenal adalah SkyWorlds Theme Park yang bertemakan film-film 20th Fox Century.

Ramainya kunjungan wisatawan akhirnya menyebabkan fenomena high demand low supply di kawasan ini sehingga Tropicana Malaysia akhir berinsiatif untuk mengembangkan Tropicana Windcity di Genting Highlands.

Genting Highlands ternyata juga menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia lantaran udaranya yang sejuk (berada di ketinggian 4000 kaki di atas permukaan laut). Genting Highlands juga dikenal sebagai pusat rekreasi, kesehatan, sekolah dan belanja.

Disadur dari theedgemarket.com, pada 2020 wisatawan Indonesia menempati posisi kedua sebagai 5 negara ASEAN terbanyak yang berlibur di Genting Highlands dengan angka 26,5 persen. Untuk urutan pertama ditempati Singapura dengan 68,2 persen lalu dilanjutkan Thailand 2,8 persen, Vietnam 1,6 persen, dan Filipina 0,9 persen.

“Maka dari itu, kami pengembang Tropicana melirik investor Indonesia karena menurut kami, market Indonesia begitu potensial," ujar Stevanie Adeline, Senior General Manager Tropicana Corporation Berhad dalam rilis resminya, Jumat (16/11/2022). 

Tropicana Windcity nantinya akan dibagi menjadi tiga kawasan yakni Tropicana Grandhill seluas 45 hektare, Tropicana Paradise seluas 125 hektare dan Tropicana Walon seluas 71 hektare. Semua kawasan ini nantinya akan terkoneksi dengan skywalk, trem line dan juga cable car.

Saat ini, Tropicana tengah memasarkan dua tower apartemen perdana di Tropicana Grandhill bernama Twin Pines seluas 1,4 hektare. Apartemen Twin Pines terdiri tower A setinggi 55 lantai dengan 795 unit dan tower B setinggi 56 lantai dengan 648 unit apartemen.

"Nantinya berbagai macam fasiltias mumpuni akan dibangun di apartemen Twin Pines mulai dari kolam renang air panas, children playground, gymnasium, hingga Fragrant Graden. Untuk tower A saat ini sudah 100 persen terjual sedangkan untuk tower B penjualannya mencapai 30 persen," ujar Stevanie.

Ada beberapa tipe apartemen yang ditawarkan di Tower B Twin Pines mulai dari 2 kamar tidur (mulai dari 52m2), 3 kamar tidur (mulai dari 87m2)  hingga 4 kamar tidur (mulai 123m2). Harganya pun dibanderol mulai Rp 2,5 miliar hingga Rp 5 miliar dengan kondisi fully furnished dan juga Sertifikat Hak Milik (SHM).

Agar investor Indonesia tertarik, pengembang Tropicana mengatakan bahwa investor bisa mendapatkan ROI (Return of Investment) cukup tinggi yakni 8-15 persen.

Stevanie pun mengasumsikan keuntungan ROI sebagai berikut. Untuk tipe dua kamar tidur dengan balkon seharga Rp 3,1 miliar misalnya. Dengan harga perdana saat ini, pembeli cash bisa mendapat potongan harga 5 persen yakni Rp 155 juta dan juga potongan 9% capital return sebanyak Rp 279 juta.

Dengan demikian, pembeli hanya cukup mengeluarkan dana sekitar Rp 2,6 miliaran. "Dengan asumsi profit 70 persen owner dan 30 persen management, serta rental rate sekitar Rp 1,5 juta per malam, jika apartemen disewakan, pemilik bisa mendapat keuntungan bersih sekitar Rp 20 jutaan per bulan atau ROI sekitar 9 persen per tahun," kata Stevanie.

Tak hanya ROI yang menggiurkan, Tropicana juga menawarkan cara bayar yang menarik untuk pembelian apartemen di Twin Pines. Karena unit apartemen rencana diserahterimakan pada tahun 2026, maka pembayaran dapat dilakukan bertahap sesuai dengan progres apartemen.

"Untuk pembayaran dapat dilakukan bertahap sebanyak 12 kali mulai dari periode Maret 2023 hingga Desember 2025 dengan DP mulai dari 10 persen," ujar Stevanie.

Stevanie berharap dengan pembayaran fleksibel seperti ini, investor Indonesia lebih nyaman dalam melakukan pembayaran seiring dengan progres pembangunan apartemen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement