Jumat 16 Dec 2022 05:15 WIB

Pupuk Kaltim Jajaki Perluasan Agrosolution untuk Komoditas Pisang

Melalui pola pemupukan berimbang, diharapkan produksi pisang Lumajang meningkat.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pisang Mas Kirana asal Kabupaten Lumajang. PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya meningkatkan kontribusi dalam mendorong kemajuan sektor pertanian tanah air secara siginifikan.
Foto:

Melalui pola pemupukan berimbang menggunakan produk Pupuk Kaltim pada program Agrosolution, Indah berharap komoditas pisang Kabupaten Lumajang semakin signifikan dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani seiring tingginya produktivitas hasil yang didapatkan.

Indah meyakini dengan produk komprehensif serta dukungan kemitraan melalui program Agrosolution akan mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di Lumajang. Dengan begitu, komoditas andalan Kota Pisang ini semakin dikenal di pasar lokal dan nasional. Hal ini sejalan dengan misi Pupuk Kaltim dalam menghadirkan produk sesuai standar SNI, dengan mengedepankan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan pertanian masa kini.

"Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus berinovasi melalui produk berkualitas, sekaligus meningkatkan kontribusi dalam menjaga ketahanan pangan nasional serta peningkatan produktivitas pertanian di berbagai sektor di seluruh wilayah Indonesia," kata Indah.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menyampaikan pisang merupakan komoditas unggulan daerah yang mampu menghidupi dan menyejahterahkan para petani. Dia berharap pengembangan produksi pisang dapat terus ditingkatkan guna mendapatkan pasar secara optimal.

Pada kesempatan itu, Thoriqul juga mengenalkan pisang Pasak Kresek sebagai salah satu unggulan selain Pisang Agung dan Pisang Mas Kirana yang banyak dikenal masyarakat. Ia menjelaskan, pisang pasak kresek memiliki beberapa keunggulan, yakni memiliki ketahanan terhadap virus. Selain itu pisang dengan cita rasa manis dan lembut ini juga memiliki harga bagus di pasaran, berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu per tandan.

 

"Semoga pisang pasak kresek mampu mendapatkan pasar yang optimal, dan untuk menjaga kualitas produk, bibit pisang jenis ini dapat terus dijaga dengan baik," kata Thoriqul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement