Kamis 15 Dec 2022 15:02 WIB

Bank Muamalat Raih Penghargaan The Best Bank in Digital Services

Saat ini 90 persen transaksi nasabah Bank Muamalat dilakukan lewat kanal digital

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pekerja menunjukkan aplikasi Bank Muamalat saat peluncuran fitur pembukaan rekening online di Jakarta. Inovasi digital yang dilakukan oleh PT Bank Muamalat Indonesia Tbk diganjar penghargaan bergengsi pada ajang TEMPO Financial Award (TFA) 2022. Pionir bank syariah di Tanah Air ini meraih penghargaan sebagai The Best Bank in Digital Services.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pekerja menunjukkan aplikasi Bank Muamalat saat peluncuran fitur pembukaan rekening online di Jakarta. Inovasi digital yang dilakukan oleh PT Bank Muamalat Indonesia Tbk diganjar penghargaan bergengsi pada ajang TEMPO Financial Award (TFA) 2022. Pionir bank syariah di Tanah Air ini meraih penghargaan sebagai The Best Bank in Digital Services.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inovasi digital yang dilakukan oleh PT Bank Muamalat Indonesia Tbk diganjar penghargaan bergengsi pada ajang TEMPO Financial Award (TFA) 2022. Pionir bank syariah di Tanah Air ini meraih penghargaan sebagai The Best Bank in Digital Services.

Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Muamalat Hery Syafril mengatakan, apresiasi ini merupakan bentuk pengakuan pihak eksternal terhadap Bank Muamalat yang senantiasa melakukan inovasi digital sebagai salah satu pilar bisnis perseroan. Digitalisasi di dunia perbankan adalah sebuah keniscayaan.

"Oleh karena itu, kami mengedepankan inovasi yang unggul untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah," katanya dalam keterangan, Kamis (15/12).

Terbukti, saat ini 90 persen transaksi yang dilakukan oleh nasabah Bank Muamalat sudah melalui kanal digital dimana mayoritas dilakukan melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN. Ia berharap penghargaan ini menjadi pelecut semangat kami untuk terus berinovasi.

TFA adalah penghargaan yang digagas oleh Tempo Media Group untuk mengapresiasi perusahaan finansial di Indonesia yang dinilai telah berkontribusi dan memajukan perekonomian Indonesia. Tempo berkolaborasi dengan Tempo Data Science, Indonesia Banking School dan para dewan juri untuk memilih bank-bank BUMN, Bank Swasta, Bank Pembangunan Daerah terbaik dalam beberapa kategori.

Sebagai informasi, selama masa pandemi sampai September 2022 Muamalat DIN telah memproses transaksi dengan nominal lebih dari Rp 46 triliun yang berasal dari 33 juta transaksi. Lebih dari 70 persen berupa transaksi transfer elektronis.

Sejak diluncurkan pada akhir 2019 lalu, sebagian besar nasabah lama dan hampir semua nasabah baru sudah menjadi pengguna Muamalat DIN. Aplikasi Muamalat DIN dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru seperti biometric login dan auto read One Time Password (OTP).

Muamalat DIN juga bisa digunakan oleh non nasabah Bank Muamalat karena terdapat fitur konten Islami seperti kalkulator zakat, jadwal sholat dan arah kiblat. Selain itu, terdapat fitur pembayaran menggunakan QR Code yang terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia.

Pada kuartal III 2022 Bank Muamalat mencatatkan Profit Before Tax (PBT) sebesar Rp 40 miliar, tumbuh 332 persen secara year on year (yoy). Adapun total aset tercatat tumbuh sebesar 15 persen (yoy) dari Rp 52,1 triliun menjadi Rp 59,7 triliun yang dibarengi dengan rasio Non Performing Financing (NPF) nett sebesar 0,65 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement