Rabu 14 Dec 2022 15:20 WIB

Menko Airlangga Bertemu FESI Bahas Penyelesaian IEU CEPA

FESI mengapresiasi upaya Indonesia dalam reformasi struktural melalui UU Cipta Kerja.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Agus raharjo
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Federation of European Sporting Goods (FESI) di sela the 10th ASEAN-EU Business Summit yang diselenggarakan di Brussel, Belgia.
Foto: Istimewa
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Federation of European Sporting Goods (FESI) di sela the 10th ASEAN-EU Business Summit yang diselenggarakan di Brussel, Belgia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Federation of European Sporting Goods (FESI) di sela the 10th ASEAN-EU Business Summit yang diselenggarakan di Brussel, Belgia. Pada pertemuan ini, Airlangga berharap perundingan Indonesia-Europian Union Comprehensive Partnership Agreement (IEU CEPA) bisa segera selesai dan menghasilkan kesepakatan.

Menko Airlangga menyampaikan percepatan penyelesaian proses perundingan IEU CEPA membutuhkan dukungan dari semua pihak. Termasuk dari kalangan asosiasi dan dunia usaha.

Baca Juga

"IEU CEPA adalah kunci dalam mendorong kerja sama perdagangan, investasi dan kerja sama ekonomi lainnya antara Indonesia dengan Uni Eropa. Indonesia menyampaikan terima kasih atas dukungan FESI untuk dapat tercapainya penyelesaian perundingan," kata Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Proses perundingan memang berjalan lebih lama dibandingkan dengan rencana semula. Dimana sebelumnya perundingan diharapkan selesai dalam empat putaran lagiatau sebelum tahun 2024. "Indonesia mengharapkan dukungan dari para pelaku usaha di Uni Eropa agar proses perundingan bisa diselesaikan dengan cepat," kata Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini.

Sementara Vice President FESI Manuel Pauser memberikan apresiasi atas upaya pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi Covid-19. "Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya sangat baik untuk menjaga roda perekonomian agar tetap terus berjalan, meskipun terkena imbas pandemi Covid-19. Pabrik-pabrik yang dimiliki oleh pelaku usaha di sektor sporting goods masih bisa terus beroperasi dan menjaga suplai tetap berjalan," ucapnya.

FESI juga mengapresiasi upaya Indonesia dalam reformasi struktural, antara lain dengan penerbitan Undang-Undang Cipta Kerja yang akan membawa perbaikan ke berbagai sektor, termasuk pengurusan izin berusaha. Menurut FESI, tantangan ekonomi global yang dihadapi para pengusaha saat ini diperkirakan tidak akan berlangsung lama dan perekonomian global akan berangsur pulih.

FESI juga menyampaikan selamat atas disepakatinya kerja sama transisi energi dengan negara-negara G7 beserta negara mitra dalam skema Just Energy Transition Partnership (JETP) yang diluncurkan di sela-sela KTT G20 di Bali pada November 2022.

"Isu sustainabilitas ini merupakan hal penting bagi industri, termasuk di sektor sporting goods. Untuk itu pihak FESI mendorong pencapaian target-target terkait keberlanjutan tersebut," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement