Ahad 20 Nov 2022 12:35 WIB

Nike Kalahkan Adidas dalam Pertempuran Jersey di Piala Dunia Qatar

Adidas hanya menandatangani kontrak dengan tujuh negara di Piala Dunia Qatar.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Adidas vs Nike
Adidas vs Nike

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA --  Saat Piala Dunia Qatar dimulai akhir pekan ini, 13 dari 32 negara peserta akan bermain dengan kaus yang disediakan oleh Nike, terbanyak oleh sponsor pakaian olahraga di turnamen tahun ini. Pada tahun ini, Adidas hanya menandatangani kontrak dengan tujuh negara di Piala Dunia Qatar.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Ahad (20/11/2022) ketiga kalinya Nike mengungguli Adidas. Ini menjadi kesenjangan terbesar yang pernah diraih Nike atas pesaingnya di industri olahraga.

Baca Juga

Negara-negara yang bertanding di Piala Dunia Qatar yang memiliki kesepakatan kontrak dengan Nike diantaranya tuan rumah Qatar, Amerika Serikat, Brasil, Inggris, dan Prancis. Popularitas Nike datang dengan mengorbankan Adidas, yang, pada puncak dominasinya, melengkapi hampir dua pertiga tim Piala Dunia 1990 di Italia.

Kesepakatan lisensi kit sangat penting bagi perusahaan pakaian olahraga dalam upaya mereka untuk mengambil bagian dari pasar merchandise olahraga berlisensi global senilai 30 miliar dolar AS. Selama beberapa dekade, Adidas telah menjadi nama utama pada perlengkapan Piala Dunia. Perusahaan mensponsori sembilan dari 16 tim Piala Dunia FIFA 1974 di Jerman dan melanjutkan dominasi mereka hingga saat ini.

Nike, yang relatif terlambat untuk mensponsori perlengkapan sepak bola, pertama kali memasuki keributan Piala Dunia pada 1998 ketika mensponsori lima tim yang bersaing di Prancis, dan terus mengembangkan pangsa pasarnya.

Juru bicara Adidas, Stefan Porsche, mengatakan bahwa perusahaan mendapat keuntungan dari prestise tim yang bermain dengan kaus tiga garis timbul. Menurut Porsche, ini bukan hanya tentang kuantitas tetapi juga kualitas.

“Kami melengkapi empat tim di antara favorit teratas untuk gelar; Argentina, Spanyol, Belgia, dan Jerman,” ucapnya.

Enam dari tujuh negara yang mengenakan seragam Adidas masuk dalam 20 tim teratas dunia, menurut peringkat yang dibuat oleh FIFA. Nike juga mensponsori tim berperingkat teratas, tujuh negara yang diperlengkapi di Piala Dunia Qatar termasuk di antara 20 besar, tetapi juga terikat dengan tim berperingkat lebih rendah seperti Qatar dan Arab Saudi, yang keduanya peringkat di antara tim yang paling tidak disukai bersaing tahun ini.

Namun Nike memiliki satu keuntungan besar, Brasil, yang telah memenangkan gelar terbanyak dan disukai oleh para pakar untuk menang lagi tahun ini, akan mengenakan swoosh di Piala Dunia Qatar.

Enam tim akan mengenakan kit Puma dan Hummel, Kappa, Majid, Marathon, New Balance dan One All Sports memiliki satu tim di kaus mereka masing-masing.

Piala Dunia Qatar berada di jalur untuk menjadi turnamen FIFA yang paling menguntungkan sepanjang masa karena berada di jalur untuk memecahkan rekor turnamen 2018 di Rusia senilai 5,4 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement