Kamis 17 Nov 2022 12:32 WIB

Kuota ST009 Hampir Habis, Moduit: Imbal Hasil Lebih Menarik 

Berinvestasi di ST009 sangat mudah diakses dengan investasi minimum yang terjangkau.

Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhy Purwanto.
Foto: Istimewa
Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhy Purwanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Satu lagi instrumen investasi yang terbilang menguntungkan dengan risiko tetap aman, hadir memenuhi kebutuhan diversifikasi produk investasi nasabah. Produk tersebut adalah Sukuk Tabungan seri ST009, yang mulai dipasarkan sejak tanggal 11 November 2022 lalu. 

Di tengah ketidakpastian perekonomian global, pemerintah memberikan jaminan atas pokok dan imbalannya, sebagaimana surat berharga negara lainnya. Produk dengan tenor jangka waktu pendek 2 tahun ini memberikan imbalan mengambang dengan batasan minimal (floating with floor) sebesar 6,15 persen p.a dan mengacu pada BI 7-Day Reverse Repo Rate ditambah 140 bps. 

Berbagai lembaga telah memprediksi kenaikan suku bunga ke depan. Ekonom Goldman Sachs di antaranya, memperkirakan, Federal Reserve (The Fed) akan menaikkan suku bunga acuan ke kisaran 4,75 persen hingga 5 persen pada Maret 2023, atau sebesar 25 basis poin lebih tinggi dari dari perkiraan sebelumnya. Langkah The Fed kemungkinan akan diikuti oleh Bank Indonesia untuk menaikan BI 7-Day Reverse Repo Rate. 

Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhy Purwanto menjelaskan, imbal hasil mengambang yang ditawarkan ST009, artinya besaran imbalan Sukuk Tabungan akan disesuaikan dengan perubahan BI 7-Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. “Kami melihat suku bunga BI masih akan naik setidaknya 50 bps beberapa bulan kedepan sehingga imbal hasil ST009 berpotensi menjadi 6,65 persen p.a. Hal ini yang kemudian menjadi penarik minat investor, hingga kuota ST009 sudah tidak banyak tersedia” ujar Manuel dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (17/11/2022). 

 

Jika imbal hasil di ST009 di bandingkan dengan imbalan dari deposito, terlihat bahwa ST009 memberi return yang lebih baik. “Bunga deposito rata-rata di bank BUMN saat ini dikisaran 3 persen - 4 persen p.a. dengan pajak  20 persen, Di sisi lain, ST009 memberikan imbal hasil 6,15 persen p.a. dengan pajak 10 persen,” ujarnya.

Tak hanya mendapatkan peluang keuntungan investasi, Manuel menyampaikan, melalui ST009 masyarakat memperoleh kesempatan berpartisipasi langsung membangun negeri. Pasalnya, dari dana yang terkumpul di ST009 akan digunakan pemerintah akan membiayai proyek ramah lingkungan di dua sektor yakni transportasi berkelanjutan dan ketahanan terhadap perubahan iklim.

Meskipun tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, ST009 yang sudah sesuai prinsip syariah ini mendapatkan fasilitas Early Redemption yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST009 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo. Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp 2 juta di setiap mitra distribusi dengan nominal pengajuan minimal Rp 1 juta dan kelipatannya. Adapun jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50 persen dari total kepemilikan investor.

Selain keunggulan di atas, Head of Marketing & Communications Moduit Ari Prastowo mengatakan, bahwa berinvestasi di ST009 sangat mudah diakses dan dengan investasi minimum yang terjangkau. Dengan pemesanan minimal Rp 1 juta, masyarakat yang berminat memperoleh ST009 bisa mendapatkan melalui platform Moduit.

Selain itu, keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan membeli melalui platform Moduit adalah cashback hingga Rp 150 ribu. "Moduit turut serta memasarkan ST009 Sesuai visi 'Semua orang berhak sejahtera'," lanjut Ari Prastowo. 

Selain itu, Moduit turut membantu perbaikan dan meningkatkan kesejahteraan dengan menggunakan ekosistem dan kekuatan digital. Pihaknya berharap, dapat menjangkau lebih banyak investor untuk berpartisipasi kepada pembangunan negara dengan melalui pembelian ST009. 

"Moduit hadir dan siap membantu masyarakat yang berminat memiliki ST009 sebagai alternatif investasi yang sudah dijamin aman oleh pemerintah, terjangkau dan menguntungkan, sekaligus membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam membangun negeri,” kata Ari Prastowo.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement