Jumat 11 Nov 2022 17:49 WIB

Bogasari Latih Ratusan UKM Asal Bangka Barat Manfaatkan Tepung

Peran UKM besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi baik nasional maupun lokal.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Pelatihan UKM yang digelar Bogasari di Kabupaten Bangka Barat.
Foto:

Para peserta nampak antusias mengikuti coaching clinic yang diadakan Bogasari. hal ini dapat dilihat tidak adanya UKM yang undur diri sebelum acara selesai dan banyaknya pertanyaan yang diajukan ketika presentasi.

“Acaranya seru, kami bisa dapatkan banyak ilmu. Usaha saya bergerak di bidang pengelolaan daun kelor. Contoh produknya ada keripik kelor, kue kelor dan banyak lagi variannya. walau semuanya tidak menggunakan terigu, tapi ilmu yang saya dapatkan dari Chef Irvan seputar pembuatan keripik bawang bisa saya aplikasikan pada keripik kelor yang selama ini saya buat,” ungkap Amrina Rosada, pemilik usaha Raflesia dari Kecamatan Jebus.

Amrina juga mengaku sangat tertarik saat mengikuti baking demo membuat donat frozen dan keripik bawang yang juga disuguhkan oleh Chef Irvan. Amrina terinspirasi untuk mencoba membuat donat frozen menggunakan campuran daun kelor. 

Hal senada diungkapkan Herlinda, UMKM asal Mentok yang selama ini memproduksi makaroni bumbu, berencana akan mulai memproduksi donat dan kripik bawang kedepannya. “Melalui pelatihan ini saya jadi bisa membuat kripik bawang dan donat frozen yang bisa diproduksi secara massal dan tahan lama. Saya ini dulu nggak hobi masak, karena sudah menikah jadi senang memasak, dan karena kebutuhan jadi membuka usaha ini. Sekarang sudah kenal tim dari Bogasari, jadi kalau ada kendala, sekarang bisa konsultasi melalui grup Whatsapp,” jelas Linda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement