Jumat 28 Jan 2022 12:10 WIB

Bogasari Raih Tiga Penghargaan OP Awards 2021

Penganugerahan OP Awards mulai digelar sejak tahun 2020.

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Andi Nur Aminah
Kepala divisi Bogasari, Franciscus Welirang dan Wakil Kepala Divisi, Erwin Sudharma beserta tim, menerima penghargaan OP Awards 2021, Rabu (26/1/2021) di Jakarta.
Foto: Bogasari
Kepala divisi Bogasari, Franciscus Welirang dan Wakil Kepala Divisi, Erwin Sudharma beserta tim, menerima penghargaan OP Awards 2021, Rabu (26/1/2021) di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari meraih tiga penghargaan sekaligus dalam OP Awards 2021 yang diselenggarakan Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Priok, di  Jakarta. Tiga penghargan sekaligus yang berhasil diraih pabrik Bogasari Jakarta ini adalah untuk Kategori Terminal Terbaik Pencapaian Zero Accident, Terminal dengan Sarana Pengelolaan Lingkungan Terbaik, dan Terimal Terinovatif dalam Mendukung Green Port.

Kepala Divisi Bogasari l, Franciscus Welirang mengatakan tiga penghargaan sekaligus ini adalah suatu kebanggaan dan kado terindah bukti pencapaian usia 50 tahun Bogasari. "Dan hanya Bogasari yang berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus," katanya dalam keterangan pers, Kamis (27/1).

Baca Juga

Menurutnya, ini bukti bahwa pabrik Bogasari yang mengelola dua dermaga di wilayah Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok telah menerapkan standar yang tinggi untuk pengelolaan lingkungan, energi, dan Safety Health and Environment (SHE). Ia berkomitmen untuk mempertahankan dan akan terus melakukan inovasi-inovasi.

Penganugerahan OP Awards mulai digelar sejak tahun 2020. Dalam OP Awards 2020  tahun lalu Bogasari juga berhasil meraih penghargaan Terminal Operator Terbaik Mendukung Green Port di Pelabuhan Tanjung Priok.

 

Pabrik Bogasari yang pertama beroperasi di Indonesia sejak tahun 1971 berlokasi di wilayah Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok. Penghargaan OP Awards 2022 diserahkan langsung Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, DR Capt Wisnu Handoko MSc.

Ketiga penghargaan untuk Bogasari diterima Zainal Andi Kusuma, Manajer Jetty and Silo Bogasari. OP Awards ini merupakan bentuk apresiasi kepada para Badan Usaha Pelabuhan (BUP), Terminal Operator (TO), serta para stakeholder lainnya di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

Penghargaan diberikan atas berbagai pencapaian. Seperti meningkatkan kinerja, digitalisasi layanan kepelabuhanan, serta upaya-upaya lainnya menuju Green Port, dan tentunya ke depan menuju Smart Port.

OP Awards 2021 terdiri dari 12 kategori penghargaan. Selain tiga kategori yang sekaligus diraih Bogasari, kategori lainnya antara lain Pencapaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Perusahaan Bongkar Muat (PBM) Terbaik dalam Administrasi dan Pelaporan, TKBM Terproduktif dan Safe Performance, TO dengan Kinerja Terbaik, Perusahaan Tracking Terbaik Penerapan STID, dan TO Mendukung Kampanye Anti Korupsi.

Setiap kategori butuh pencapaian khusus. Seperti halnya Bogasari yang berhasil meraih penghargaan untuk kategori Terminal Terinovatif Dalam Mendukung Green Port karena melakukan terobosan dalam pengelolaan air hujan.

Yakni dengan membangun Rain Harvesting sejak tahun 2016 di 13 titik dan dua bak penampungan besar dengan kapasitas dua juta liter air. Selain air hujan bisa digunakan kembali juga untuk mengurangi potensi ancaman banjir.

Bogasari juga memilik pembibitan aneka tanaman termasuk mangrove dan sudah menanam 2000 pohon di daerah Marunda. Bogasari juga sudah memiliki Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) yakni pengolahan air laut yang kemudian layak dikonsumsi dengan kapasitas pengolahan maksimal 1.000 meter kubik per hari.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement