Ahad 16 Jan 2022 18:49 WIB

Menang Undian Bogasari, Tukang Roti Dapat Emas

Master Bread muncul sebagai pemenang 50 gram emas dari Bogasari.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Owner Master Bread menerima 50 gram emas yang merupakan hadiah utama Gelegar Hadiah BMC 2021, yang dilaksanakan Bogasari, Ahad (16/1/2022).
Foto: Bogasari
Owner Master Bread menerima 50 gram emas yang merupakan hadiah utama Gelegar Hadiah BMC 2021, yang dilaksanakan Bogasari, Ahad (16/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilik usaha roti Master Bread, Sarip menang undian Gelegar Hadiah Bogasari Mitra Card (BMC) yang ditayangkan Sabtu (15/1/2022) malam. Nama usaha Master Bread muncul sebagai pemenang 50 gram emas yang merupakan hadiah utama Gelegar Hadiah BMC 2021. 

"Masya Allah, saya sama sekali belum pernah punya emas, apalagi nabung emas. Saya benar-benar bersyukur kepada Allah SWT atas hadiah emas 50 gram ini. Saya hampir tidak percaya kalau tidak dijelaskan langsung sama Kang Bambang dan Kang Wahyudi dari Bogasari," kata Sarip dalam siarap pers Bogasari, Ahad (16/1/2022). 

Baca Juga

Setelah delapan tahun menimba ilmu di pabrik roti, mulai dari bagian produksi, sales, hingga bagian pengiriman, pria berusia 35 tahun itu memberanikan diri usaha bakery sendiri. Sebelum pandemi, usaha Master Bread menghabiskan sampai 160 kilogram atau lika sak  terigu Cakra Kembar.

Sarip memproduksi roti bakar, roti kasino, dan roti kadet. Pemasarannya terjauh sampai Sumedang dan Garut. Sarip juga memiliki karyawan hingga sembilan orang. 

Pandemi membuat usahanya turun 50 persen. Sarip mengaku hanya menghabiskan sekitar 75 kilogram terigu per hari. "Karyawan untuk sementara dihemat jadi tiga orang. Tak sangka bisa beruntung dapat hadiah ini, jadi tambah semangat," ujar Sarip. 

Selain Sarip, empat UKM mitra Bogasari lainnya yang beruntung mendapatkan hadiah utama 50 gram emas adalah Mirwan Hidayat pemilik usaha Warung Gorengan asal Bogor, M Rifal Diansah dengan usaha Martabak Manis Surotrunan di Kebumen, Jawa Tengah, Kwan Mei Thoi (UKM Sinar Tapanuli Mie) di Deli Serdang-Sumatra Utara, dan ke-5 adalah Lie Siok Tien (UKM Depot Mie Ratu) di Wonorejo, Surabaya.  

“Wah saya enggak nyangka sekali, dari usaha gorengan begini bisa beruntung dapat hadiah 50 gram emas. Ini bisa buat modal usaha," tutur Mirwan yang masih berusia 21 tahun dan jual gorengan setelah lulus SMA. 

Gelegar Hadiah BMC adalah program apresiasi Bogasari kepada UKM yang sudah bergabung dalam anggota kemitraan BMC. Program kemitraan BMC sudah ada sejak 2002 dan saat ini beranggotakan sekitar 48 ribu secara nasional. 

Senior Vice President (SVP) Marketing PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari Ivo Ariawan mengtaakan usia Bogasari selama 50 tahun dan sekaligus menjadi pabrik tepung terigu pertama di Indonesia merupakan buah kepercayaan dan kesetiaan masyarakat para UKM terhadap kualitas produk serta layanan Bogasari. "Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para penikmat kuliner berbahan dasar tepung terigu, khususnya yang setia membeli produk UKM mitra binaan Bogasari," kata Ivo.  

Sebagai apresiasi dan ungkapan syukur yang sudah 50 tahun tumbuh bersama para UKM, selain 5 hadiah utama berupa 50 gram emas, Bogasari juga menyiapkan ribuan gram emas lainnya yakni masing-masing enm gram untuk 50 UKM pemenang dan tiga gram untuk 200  UKM lainnya. Total berat hadiah emas yang disuguhkan Bogasari untuk para UKM dalam Gelegar Hadiah BMC 2021 ini adalah 1.150 gram.

”Ada 255 UKM yang beruntung meraih hadiah emas ini. Mereka berasal dari 55 kota dan kabupaten yang tersebar di 28 provinsi dan seluruh pajak hadiah buat UKM ini ditanggung Bogasari," tutur Ivo. 

Pengundian Gelegar Hadiah BMC 2021 tersebut masih bagian dari rangkaian kegiatan Bogasari Expo (Bogex) 2021 yang digelar secara virtual sejak 29 November 2021. Melalui Bogasari Expo dengan, Ivo menuturkan Bogasari mengajak pelaku UMKM, industri kuliner, dan keluarga Indonesia untuk menemukan berbagai ide baru kreasi kuliner berbasis tepung terigu. 

"Karena itulah dalam Bogasari Expo Virtual ini ada banyak kegiatan yang digelar. Mulai dari Lomba Cipta Kreasi Bogasari, Panel Talks, Cooking Class, dan Baking Class. Termasuk penghargaan kepada UMKM kuliner terpilih yang menjadi percontohan bagi generasi Indonesia untuk bisa sukses membangun UMKM yang berkelanjutan," jelas Ivo. 

Ivo mengharapkan, kampanye Unleash The Bikiners dapat memberikan pengalaman berbeda kepada masyarakat. Selain itu juga memotivasi generasi Indonesia menjadi sosok yang mampu menciptakan sesuatu yang sederhana menjadi luar biasa dan dapat dinikmati orang banyak lewat kehadiran tepung Cakra Kembar.  

Beragam sesi edukasi dan inspirasi lainnya yang digelar dalam acara Bogex virtual tersebut masih berlangsung sampai Maret 2022. Beberap diantaranya seperti Cooking Class dengan topik Bikin Semua Bisa Jadi Chef akan dibawakan Chef Steby pada 29 Januari 2022, Cooking Class Bikin Semua Bisa Cuan bersama Chef Luvita Ho pada 6 Februari dan Bikin Semua Bisa Jadi Viral oleh Chef Daehoon pada 19 Februari), Baking Class Bikin Semua Bisa Kreatif yang akan dipandu  Chef Beng Budiarso pada 27 Februari, dan di Peak Event akan ada Celebrity Chef Nicky Tirta pada 19 Maret. 

Termasuk di puncak acara Maret nanti akan ada Bogasari SME Award 2021 dengan penghargaan special 50 UKM Berpengaruh. "Ini adalah penghargaan special buat UKM makanan berbasis terigu yang memiliki pengaruh dan kontribusi sosial yang besar di luar dari aspek bisnis yang dijalankan" ungkap Ivo. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement