Jumat 11 Nov 2022 10:38 WIB

Otoritas Amerika Serikat Selidiki Kolapsnya Bursa Kripto FTX

Penyelidikan ini dinilai akan berdampak pada penurunan harga kripto lebih lanjut.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Bursa kripto FTX (ilustrasi). Pihak berwenang di Amerika Serikat (AS) akan menyelidiki FTX, karena potensi pelanggaran sekuritas.
Foto: dokpri
Bursa kripto FTX (ilustrasi). Pihak berwenang di Amerika Serikat (AS) akan menyelidiki FTX, karena potensi pelanggaran sekuritas.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Runtuhnya bursa kripto FTX mengirim lebih banyak gelombang kejutan di pasar kripto dunia. Pihak berwenang di Amerika Serikat (AS) akan menyelidiki FTX, karena potensi pelanggaran sekuritas. 

Penyelidikan ini dinilai para analis akan berdampak pada penurunan harga kripto lebih lanjut. Seperti dilansir dari laman AP, Jumat (11/11/2022) FTX telah setuju awal pekan ini untuk menjual produknya ke saingan yang lebih besar, Binance. 

Baca Juga

Investor meninggalkan bursa kripto setelah khawatir tentang apakah FTX memiliki modal yang cukup. Seseorang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan bahwa Departemen Kehakiman serta Komisi Sekuritas dan Bursa AS sedang memeriksa FTX untuk menentukan apakah ada kegiatan kriminal atau pelanggaran sekuritas yang dilakukan. 

Perkembangan yang terjadi di bisnis Kripto pekan ini sangat mengejutkan bagi CEO dan pendiri FTX Sam Bankman-Fried, yang sempat dipuji sebagai penyelamat dunia kripto di awal tahun ini. Ketika ia mampu menopang sejumlah perusahaan kripto yang mengalami masalah keuangan.

Penyelidikan terhadap Bankman-Fried dan FTX oleh orang-orang di dunia kripto serta regulator sekuritas berpusat pada kemungkinan perusahaan tersebut mungkin telah menggunakan dana simpanan investor untuk mendanai taruhan hedge fund Bankman-Fried, Alameda Research. Di pasar tradisional, broker diharapkan untuk memisahkan dana klien dari aset perusahaan lain. Pelanggaran seperti ini dapat dihukum oleh regulator.

 

Sementara itu, investor dalam mata uang digital populer mendapat kelegaan dari krisis kripto terbaru setelah beberapa hari melakukan penjualan. Bitcoin naik menjadi 17.691 dolar AS setelah turun serendah 15.512 dolar AS. Ethereum naik 12 persen. 

Keuntungan datang setelah laporan pemerintah menunjukkan inflasi sedikit mendingin bulan lalu memberikan dorongan aset berisiko.

Para pelaku bisnis Kripto berharap Binance, bursa kripto terbesar di dunia, mungkin dapat menyelamatkan FTX dan deposannya. Seseorang yang akrab dengan transaksi antara FTX dan Binance menggambarkan laporan portofolio itu sebagai lubang hitam, tidak mungkin untuk membedakan antara aset dan kewajiban pertukaran FTX dan Alameda Research. 

Sumber tersebut mengatakan Bankman-Fried melakukan ‘dosa besar’ dengan memanfaatkan aset kustodian FTX untuk mendanai Penelitian Alameda.

Dalam ilustrasi lebih lanjut tentang kesulitan keuangan FTX, Bankman-Fried meminta investornya pada hari Rabu sebesar delapan dolar AS miliar untuk menutupi permintaan penarikan, menurut The Wall Street Journal, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Dalam serangkaian Tweet pada hari Kamis, pendiri dan CEO FTX mengatakan pihaknya tidak memiliki cukup likuiditas untuk menutupi penarikan dan bahwa dia lebih berpengaruh daripada yang dia kira. 

Krisis terbaru dalam industri kripto mendorong seruan baru untuk regulasi yang lebih ketat. Sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan perkembangan FTX menyoroti mengapa regulasi mata uang kripto yang bijaksana memang diperlukan. Gedung Putih, bersama dengan badan-badan terkait, akan kembali memantau dengan cermat situasi yang berkembang.

Runtuhnya bursa kripto terbesar ketiga ini kemungkinan akan menyebabkan gangguan lebih lanjut di dunia kripto. “Krisis FTX, serta kejutan kepercayaannya terhadap sistem, akan menyebabkan harga krpto turun lebih jauh,” kata Analis di JP Morgan kepada investor. 

Industri kripto sedang menunggu untuk melihat perusahaan lain yang terkena dampak dari runtuhnya FTX. Dana modal ventura Sequoia Capital mengatakan pihaknya mencatat total investasinya di FTX mencapai 215 juta dolar AS.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement