Ahad 06 Nov 2022 13:00 WIB

Tiket Kereta Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dibeli Besok, Ini Syaratnya 

Calon pembeli diminta teliti melakukan pemesanan tiket kereta libur natal tahun baru

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Nashih Nashrullah
Calon penumpang memesan tiket kereta api (ilustrasi). Calon pembeli diminta teliti melakukan pemesanan tiket kereta libur natal tahun baru
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Calon penumpang memesan tiket kereta api (ilustrasi). Calon pembeli diminta teliti melakukan pemesanan tiket kereta libur natal tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – PT KAI (Persero) membuka penjualan tiket KA masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 secara bertahap mulai 7 November 2022 atau H-45 keberangkatan. Termasuk, KA-KA jarak jauh dan menengah di Daop 6 Yogyakarta. 

Adapun periode Angkutan Nataru yang ditetapkan KAI keberangkatan 22 Desember 2022-8 Januari 2023. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, kai.id, Contact Center 121, Loket Box dan semua mitra resmi pemesanan tiket KAI lain. 

Baca Juga

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, mengatakan selama ini KAI menjual tiket mulai H-30 sebelum keberangkatan. 

Namun, menjelang periode libur Nataru tahun ini KAI mengubah kebijakan menjadi H-45 sebelum keberangkatan.

KAI memberikan waktu yang lebih leluasa ke calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan KA pada masa libur Nataru 2023 jauh-jauh hari. Franoto mengingatkan pelanggan teliti dalam memasukkan tanggal, rute dan data diri.  

"Rencanakan perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," kata Franoto, Ahad (6/11/2022). 

Untuk syarat naik kereta api, KAI masih menerapkan aturan sesuai ketentuan SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022. Yang mana, pelanggan KA jarak jauh dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi ketiga (booster). 

Sedangkan, pelanggan usia 6-17 wajib telah melakukan vaksinasi kedua. KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuhnya dan disediakan hand sanitizer. 

Begitu pula saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik-titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. Franoto menegaskan, KAI akan konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan. 

Pelanggan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan akan ditolak naik kereta api. Informasi terkait penjualan tiket pada masa Nataru bisa menghubungi Contact Center 121, WA 08111-2111-121, [email protected] atau media sosial KAI121. 

"KAI berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman dan nyaman," ujar Franoto.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement