Jumat 04 Nov 2022 13:45 WIB

ST009 Terbit, Moduit Dorong Masyarakat Dukung Pembangunan Ramah Lingkungan

ST009 bisa diperoleh dengan menggunakan sistem transaksi elektronik.

Penerbitan ST009 merupakan pilihan tepat di tengah kondisi ketidakpastian perekonomian global yang masih berlangsung.
Foto: Istimewa
Penerbitan ST009 merupakan pilihan tepat di tengah kondisi ketidakpastian perekonomian global yang masih berlangsung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya pengendalian perubahan iklim, tengah menggema di seluruh dunia. Bahkan, Indonesia telah menyatakan komitmen untuk turut berperan aktif dalam setiap agenda mitigasi perubahan iklim. 

Hal itu, tercermin dalam keikutsertaan Indonesia dalam Persetujuan Paris atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim atau Paris Agreement. Indonesia juga telah menyampaikan dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) dan dokumen updated NDC ke Sekretariat UNFCCC yang menunjukkan betapa nyatanya komitmen Indonesia.

Salah satu bentuk kontribusi Indonesia tersebut, diwujudkan dengan mendukung pembiayaan proyek-proyek ramah lingkungan, termasuk dengan menerbitkan green sukuk ritel–tabungan sukuk. Perolehan dana dari Surat Berharga Negara (SBN) ritel tersebut akan dialokasikan pada dua sektor, yakni transportasi berkelanjutan dan ketahanan terhadap perubahan iklim. 

Head of Advisory & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhi Purwanto, menyambut, positif upaya pemerintah dalam melakukan pengendalian perubahan iklim lewat instrumen investasi green sukuk ritel. Terlebih, pemahaman dan kesadaran masyarakat, terutama generasi muda terhadap pentingnya langkah mitigasi perubahan iklim semakin tinggi. 

 

“Saat ini, model investasi hijau telah menjadi tren global, begitu juga di Indonesia. Hal ini merupakan wujud kepedulian masyarakat terhadap masalah lingkungan dan keberlanjutan,” papar Manuel Adhi Purwanto dalam keterangannya yang diterima Republika.co,,id, Jumat (4/11/2022).

Manuel mencontohkan, saat pemerintah menerbitkan Sukuk Tabungan (ST) seri ST008 pada November 2021, dimana penggalangan dana sebesar Rp 5 triliun yang ditargetkan pemerintah bisa tercapai, dua hari sebelum masa penawaran ditutup. 

“Pemerintah bahkan harus menerapkan sistem kuota harian saat penawaran ST008, lantaran tingginya minat masyarakat, padahal saat itu kasus positif Covid-19 masih tinggi,” paparnya.

Mencermati fakta tadi, Manuel Adhi Purwanto optimistis, Sukuk Tabungan seri ST009, yang ditawarkan pemerintah sejak 11 November hingga 30 November 2022, juga akan diminati dan mencapai target jumlah penggalangan dana dari pemerintah. Apalagi, penerbitan ST009 merupakan pilihan tepat di tengah kondisi ketidakpastian perekonomian global yang masih berlangsung. 

“Situasi pasar yang cepat berubah membuat arah pasar sulit diprediksi. Dengan demikian, investasi aman dengan tawaran imbal hasil tertentu, terutama instrumen SBN sangat disarankan saat ini,” ujarnya.

ST009 disebut aman karena karena pokok dan kupon dijamin oleh Undang-Undang. Menariknya, walau dijamin negara, kupon sukuk tabungan dipastikan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN. 

Selain itu, sukuk tabungan juga menawarkan kupon mengambang dengan kupon minimal. Artinya, besaran imbalannya akan disesuaikan dengan perubahan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) setiap tiga bulan sekali. 

Saat ini suku bunga acuan tersebut berada di level 4,75 persen dan masih berpotensi naik hingga tahun depan. Jika mengacu kepada seri ST008 dengan spread sebesar 130 bps (1,3 peren) maka ST009 berpotensi ditawarkan dengan kupon minimal 6,05 persen dan akan disesuaikan lebih tinggi jika suku bunga acuan naik.

Sementara terkait tenor, sukuk tabungan ini merupakan investasi berjangka pendek, yakni dua tahun, serta memiliki fitur early redemption, yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok instrumen ini oleh pemerintah sebelum jatuh tempo. Namun, sukuk tabungan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder atau dialihkan sampai masa jatuh tempo. 

Paling penting, kata dia, tentu saja sukuk tabungan dikelola sesuai prinsip syariah, sehingga tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

"Bagi masyarakat yang tertarik membeli ST009, bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui platform Moduit," ujarnya. 

Perlu diketahui, ST009 bisa diperoleh dengan menggunakan sistem transaksi elektronik, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya. Terlebih, investasi ini bisa dijangkau semua lapisan masyarakat, dengan dana minimal investasi Rp 1 juta. 

Head of Marketing & Communications Moduit, Ari Prastowo, mengatakan, keikutsertaan Moduit memasarkan ST009 sebagai salah satu sub mitra distribusi resmi dari pemerintah, sesuai visi moduit "Semua orang berhak sejahtera". Langkah tersebut merupakan upaya Moduit untuk turut membantu perbaikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui investasi dengan menggunakan ekosistem dan kekuatan digital. 

“Dengan turut menawarkan ST009, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak investor berpartisipasi bagi pembangunan negara dan keberlangsungan alam," ucapnya. 

Moduit hadir dan siap membantu masyarakat yang berminat memiliki ST009, sebagai alternatif investasi yang sudah dijamin aman oleh pemerintah, mudah, terjangkau dan sesuai Syariah. Selain itu, dalam masa penawaran tersebut, Moduit juga akan memberikan cashback hingga Rp 150 ribu.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement