Kamis 11 May 2023 14:20 WIB

Moduit Kerja Sama BMW Tunas dan Hustle House Gym Pasarkan Produk ST010

Saat ini, suku bunga acuan Bank Indonesia bertengger di level 5,75 persen. 

Produk ST010 patut jadi pertimbangan untuk pilihan investasi.
Foto: Istimewa
Produk ST010 patut jadi pertimbangan untuk pilihan investasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah merilis Green Sukuk Ritel ST010. Ini merupakan satu seri Sukuk Negara Tabungan yang diluncurkan pada tanggal 12 Mei – 7 Juni 2023.

Produk ST010 patut jadi pertimbangan untuk pilihan investasi. Pasalnya, instrumen ini dinilai menarik seiring dengan makin besarnya potensi penurunan suku bunga acuan seiring terjaganya inflasi, serta penguatan nilai tukar rupiah. 

Saat ini, suku bunga acuan Bank Indonesia bertengger di level 5,75 persen. Dan besar peluang BI akan meurunkan suku bunga acuan BI7DRRR pada kuartal III atau IV 2023.

Menurut Head of Research & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhi Purwanto, dengan prediksi suku bunga yang akan mengalami penurunan, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di obligasi. “Secara view, suku bunga most likely akan turun, sehingga ini waktu yang tepat untuk invest di obligasi untuk mengunci kupon di saat harga masih tinggi,” ujar Manuel dalam rilisnya yang diterima Republika.co.id, Kamis (11/5/2023).  Pasalnya. lanjut Manuel, jika suku bunga sudah turun, kupon obligasi selanjutnya juga akan lebih rendah.

 

Terkait tentang ST010, kata dia, instrumen investasi yang diperuntukkan hanya untuk individu Warga Negara Indonesia ini, memberikan imbal hasil floating with floor di atas bunga deposito, serta pajak final yang lebih kecil yaitu sebesar 10 persen. Selain itu, ST010 memberikan potensi kenaikan kupon jika suku bunga acuan kembali naik, namun tidak akan turun lebih rendah dari kupon pertama.

ST010 tersedia dalam 2 pilihan yaitu ST010 T2 dengan kupon 6,25 persen dam jatuh tempo pada tanggal 10 Juni 2025 dan ST010 T4 dengan kupon 6,4 persen dan jatuh tempo tanggal 10 Juni 2027.

"Artinya, kalau kita berinvestasi ST010 Tenor 4 tahun senilai Rp 1 miliar, maka imbal hasil tahunanya setelah pajak adalah Rp 57.600.000. Bagi investor yang tertarik, masa penawaran seri obligasi berakad wakalah ini akan dibuka pada tanggal 12 Mei 2023 dan berakhir pada tanggal 7 Juni 2023," ujarnya.

Selain memberikan potensi hasil investasi menarik, produk ini terbilang aman karena dijamin pemerintah dengan underlying asset BUMN dan proyek pemerintah di tahun 2023. Kelebihan lainnya, meskipun obligasi negara tanpa warkat yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan sampai jatuh tempo, namun dimungkinkan untuk menerima sebagian pelunasan pokok sebelum jatuh tempo yang biasa disebut dengan fasilitas early redemption

Salah satu kemudahan investasi di ST010 adalah pemodal tak harus merogoh banyak dana.  Investasi dikedua pilihan produk ini dapat dipesan dengan minimal dana Rp 1 juta dan maksimal Rp5 miliar untuk sekali transaksi.

Pembelian ST010 juga dipermudah dengan dimungkinkannya pembelian secara online melalui mitra distribusi maupun sub mitra distribusi pemerintah, salah satunya adalah Moduit. 

Head of Marketing & Communications Moduit, Ari Prastowo mengatakan, hal ini sesuai visi moduit yaitu "Semua orang berhak sejahtera". Moduit berharap, masyarakat dapat ikut serta dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik dan disaat bersamaan dapat meraih keuntungan untuk mencapai tujuan keuangannya. 

"Kami percaya dengan kekuatan digital yang Moduit miliki dapat membantu masyarakat mendapatkan akses ke produk investasi yang beragam dan terpercaya," ujar Ari Prastowo. 

Selain itu, dalam rangka memasarkan produk ST010, Moduit bekerja sama dengan BMW Tunas & Hustle House Gym. Kerja sama dapat terlaksana sebagai salah satu upaya Moduit untuk memperkenalkan produk-produk investasi kepada masyarakat yang lebih luas. 

"Bahwa produk lifestyle dan investasi dapat berjalan secara beriringan, asal semua sudah terencana dan sudah ada proporsi nya masing-masing,” ucap Eric Sutanto Tang selaku Head of Special Project Moduit.

Kerja sama dengan BMW Tunas memungkinkan membawa pulang BMW 320i Sport terbaru hanya dengan membayar DP kendaraan dan berinvestasi Rp 4,6 miliar di ST010. Selama periode terbatas ini, nasabah juga akan mendapatkan special benefit dari Moduit hingga Rp 25 juta. 

Head of Marketing & Communications BMW Tunas, Anthony Yudi mengatakan, melalui kerja sama ini, BMW Tunas berharap dapat sedikit banyak mendukung program-program pembangunan nasional ramah lingkungan yang dibiayai oleh ST010. BMW Tunas adalah dealer resmi BMW pertama dan salah satu dealer BMW I pertama di Indonesia dengan fasilitas dan pelayanan berstandar global BMW di Jakarta, Bekasi, Bandung & Palembang.

Sedangkan, kerja sama dengan Hustle adalah berinvestasi Rp 500 juta di ST010, sudah bisa ngegym selama 2 tahun. Hal ini juga dimungkinkan karena return bulanan dari ST010 bisa untuk membayar gym selama 20 bulan dan Hustle memberikan free membership selama 4 bulan untuk kerja sama ini. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement