Kamis 27 Oct 2022 09:52 WIB

Pfizer Diduga Gelapkan Keuntungan Hingga Rp 18,72 Triliun

Pfizer menjadi target penyelidikan di Italia.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Logo Pfizer (Ilustrasi). Pfizer menjadi target penyelidikan di Italia.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO PERI
Logo Pfizer (Ilustrasi). Pfizer menjadi target penyelidikan di Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pfizer menjadi target penyelidikan di Italia. Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS)  itu dituduh menggelapkan keuntungan hingga 1,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp18,72 triliun (kurs Rp15.600) dengan cara mentransfernya ke unit di negara lain.

Guardia di Finanza atau polisi khusus keuangan di Italia menuduh unit Pfizer yang berbasis di luar Roma, Pfizer Italia Srl, mentransfer kelebihan modal ke afiliasi di AS dan Belanda untuk menghindari pajak atas keuntungan yang bisa mencapai 26 persen.

Baca Juga

Cabang perusahaan Italia diduga mengirim modal ke afiliasi asing yang terkait dengan Pfizer Production LLC dan Pfizer Manufacturing LLC yang berbasis di Delaware. Investigasi terhadap raksasa farmasi yang berbasis di New York ini dimulai pada Februari dan mencakup tahun 2017, 2018 dan 2019.

Penyelidikan yang dilakukan oleh polisi keuangan Italia belum tentu mengarah Pfizer benar-benar terlibat dalam kesalahan. Ketika penyelidikan selesai, hasilnya akan ditinjau oleh agen pajak Italia, yang memiliki kekuatan untuk menilai potensi denda dan pembayaran pajak jika dianggap perlu.

“Otoritas pajak Italia secara rutin mengaudit dan menyelidiki pajak Pfizer, dan Pfizer bekerja sama dengan audit dan investigasi semacam itu,” kata juru bicara perusahaan Pam Eisele dilansir Bloomberg. Menurutnya, Pfizer mematuhi undang-undang dan persyaratan pajak Italia.

Saham Pfizer turun sesaat sebelum mendapatkan kembali kekuatan untuk naik 1,3 persen pada perdagangan Rabu (26/10/2022) di New York.

Guardia di Finanza mengatakan Pfizer memutuskan untuk tidak membagikan dividen selama periode penyelidikan. Dalam tiga tahun dari 2017 hingga 2019, Pfizer secara global membukukan pendapatan bersih 33 miliar dolar AS.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement