Selasa 11 Oct 2022 21:08 WIB

Sail Tidore 2022 Ditarget Gaet 50 Ribu Kunjungan Wisatawan

Festival Sail Tidore masuk ke dalam pariwisata minat khusus yaitu bahari

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meluncurkan Sail Tidore 2022 di Kantor Kementerian Perdagangan, DKI Jakarta, Selasa (11/10),  Festival bahari internasional dua tahunan bakal segera digelar di Tidore pada 24-29 November mendatang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, optimistis Sail Tidore akan menarik hingga 50 ribu kunjungan wisatawan.
Foto: Antara
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meluncurkan Sail Tidore 2022 di Kantor Kementerian Perdagangan, DKI Jakarta, Selasa (11/10), Festival bahari internasional dua tahunan bakal segera digelar di Tidore pada 24-29 November mendatang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, optimistis Sail Tidore akan menarik hingga 50 ribu kunjungan wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival bahari internasional dua tahunan bakal segera digelar di Tidore pada 24-29 November mendatang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, optimistis Sail Tidore akan menarik hingga 50 ribu kunjungan wisatawan.

"Sail Tidore 2022 ini akan menjadi salah satu event yang kita unggulkan. Ini kita (targetkan) bisa menarik kunjungan 30 ribu-50 ribu kunjungan," kata Sandiaga di Jakarta, Selasa (11/10/202).

Ia mengatakan, festival itu dipastikan akan melibatkan masyarakat nelayan setempat. Kemenparekraf akan melakukan beautifikasi terhadap para nelayan yang akan menjadi peserta dalam festivasl tersebut.

"Kita ingin libatkan para nelayan yang nanti akan dipercantik dan produk-produk ekonomi kreatif akan ditampilkan, seperti kuliner, fesyen, dan kerajinan tangan," katanya menambahkan.

Lebih lanjut, Sandiaga menuturkan, festival Sail Tidore masuk ke dalam pariwisata minat khusus yang berkaitan dengan wisata bahari. Peran Sail Tidore akan snagat strategis untuk membantu pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini.

Pemerintah menargetkan target wisatawan mancanegara 2022 antara 1,8 juta hingga 3,6 juta kunjungan. Sandiaga menginginkan agar batas atas target dapat tercapai hingga akhir tahun.

"Kita sedang mengejar target ambang batas atas sementara targe wisatawan nusantara sudah melebihi target 700 juta perjalanan," ujarnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menuturkan, seluruh infrastruktur pariwisata ditargetkan rampung sebelum 24 November 2022. Ia menyebut, sisa pengerjaan proyek sekitar 30 persen yang belum rampung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement