Rabu 28 Sep 2022 00:18 WIB

Zulhas Angkat Hary Tanoe Jadi Ketua Dewan Pakar Apmiso

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan angkat Hary Tanoe jadi Ketua Dewan Pakar Apmiso.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (baju putih) mengukuhkan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (baju biru) sebagai Ketua Dewan Pakar Apmiso Nusantara.
Foto: Istimewa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (baju putih) mengukuhkan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (baju biru) sebagai Ketua Dewan Pakar Apmiso Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) siap membantu pelaku UMKM, termasuk Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara agar naik kelas.

Hal itu disampaikan HT ketika dikukuhkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Dewan Pakar Apmiso Nusantara. Pengukuhan tersebut disaksikan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Ketum Apmiso Nusantara Lasiman dan ratusan pelaku UMKM di Kota Semarang, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Pada kesempatan tersebut, HT, yang juga Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) tersebut, menyampaikan terima kasih telah dipercaya sebagai Ketua Dewan Pakar Apmiso Nusantara.

"Pertama, saya terima kasih dipercaya. Yang kedua, tentunya satu tugas yang saya harus emban bagaimana membantu Apmiso supaya maju," kata HT dalam rilisnya, Selasa (27/9/2022).

Selain itu,  HT mengatakan UMKM adalah kunci kebangkitan ekonomi pada saat krisis pada tahun 1998. Hingga saat ini, UMKM tersebar di seluruh pelosok Nusantara jumlahnya mencapai sebanyak 60 juta unit. Sementara itu, yang terdata di Kementerian Koperasi dan UMKM baru mencapai sekira 30 juta unit.

"Untuk itu perlu dilakukan pendataan menyeluruh agar bisa menyalurkan beragam bantuan," kata HT.

HT berkomitmen membantu pelaku UMKM agar naik kelas melalui jaringan MNC Group. MNC Group akan membantu pedagang mi dan bakso yang kesulitan permodalan yakni dengan bantuan kredit MNC Bank.  Selain itu, memberikan edukasi berupa cara pengolahan bakso yang enak, higienis, dan halal.

Dengan kapasitas yang dimilikinya dari sisi media,  HT menyebutkan akan membantu pemberitaan melalui TV, media portal, radio serta social media untuk membangun Apmiso Nusantara.

"Intinya, bagaimana Apmiso bisa lebih baik lagi, sehingga anggota-anggota itu kehidupannya lebih bagus secara kesejahteraan," ujar HT.

Sementara itu, Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pedagang mi dan bakso harus mendapat perhatian lebih. Menurutnya, para pedagang tergabung dalam Apmiso Nusantara harus diberi dukungan, terutama soal harga bahan pokoknya.

"Mi dan bakso ini usaha UMKM yang merata ada di seluruh Indonesia. Jadi harus mendapat perhatian," kata Zulhas seusai mengukuhkan HT sebagai Dewan Pakar Apmiso Nusantara.

Zulhas menambahkan konsentrasi dari Kemendag adalah memastikan bahan pokok diperlukan para pedagang mi dan bakso bisa terjangkau. Hal ini merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Itulah konsen saya sebagai menteri diperintah Pak Jokowi agar harga bahan pokok terjangkau," tutur Zulhas.

Adapun, Ketum Apmiso Nusantara Lasiman mengatakan alasan pihaknya meminta HT sebagai Dewan Pakar Apmiso Nusantara, yaitu HT dikenal sebagai pengusaha nasional yang peduli dengan nasib UMKM di Indonesia.

"Semua orang kan tahu bahwa beliau peduli terhadap UMKM dan saya bangga masih ada seseorang yang peduli terhadap UMKM," ujar Lasiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement