Sabtu 17 Sep 2022 18:36 WIB

BTPN Syariah Bantu 49 Ribu Perempuan Prasejahtera di Riau

Hingga Juni 2022, pembiayaan yang sudah disalurkan kurang lebih mencapai Rp 171 M

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Gita Amanda
Fifi Oktaviani (32 tahun) mampu mengembangkan usaha krupuk sagu di Kota Pekanbaru yang didapat dari pembiayaan BTPN Syariah. Warga Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Riau ini kini telah beromset jutaan rupiah.
Foto: Republika/Alkhaledi kurnialam
Fifi Oktaviani (32 tahun) mampu mengembangkan usaha krupuk sagu di Kota Pekanbaru yang didapat dari pembiayaan BTPN Syariah. Warga Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Riau ini kini telah beromset jutaan rupiah.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sebanyak 49 ribu perempuan prasejahtera di Provinsi Riau telah tercatat mendapat bantuan modal dari BTPN Syariah untuk mengembangkan usahanya. Puluhan ribu perempuan dari keluarga prasejahtera itu melakukan berbagai usaha, mulai dari kuliner, pakaian hingga jasa yang lambat laun membantu mereka keluar menjadi keluarga sejahtera.

"Kami membuka akses prasejahtera produktif yang ada di pelosok negeri hingga di Pekanbaru sejak tahun 2013. Hingga per Juni 2022 saat ini, pembiayaaan yang sudah tersalurkan kurang lebih Rp 171 miliar kepada lebih dari 49 Ribu perempuan keluarga prasejahtera produktif di Pekanbaru yang dilayani dan tumbuh bersama kami," kata Business Coach BTPN Syariah area Riau, Fauzan Ridha, Rabu (14/9/2022) lalu.

Baca Juga

Menurutnya, ada banyak cerita pengalaman dari nasabah yang mengembangkan usahanya bersama BTPN Syariah. Kisah ibu Yeni di Kelurahan Sialangmunggu yang beromzet puluhan juta hingga ibu Vivi di Kelurahan Air Dingin hanya segelintir dari puluhan ribu nasabah yang mampu bangkit dari keterpurukan.

Dia menuturkan, ketekunan dan kegigihan banyak nasabah menjadikan usahanya naik kelas, sehingga beberaapa orang tergolong sebagai nasabah inspiratif yang berpengaruh bagi lingkungannya. Adanya pendampingan dan pelatihan usaha dari BTPN Syariah turut berperan atas keberhasilan usaha para nasabah.

"Sebagai bank yang fokus dalam melayani para perempuan pelaku usaha ultra mikro di pelosok, Bank melayani dengan profesional dan sepenuh hati, menerapkan tata kelola yang baik dan sesuai dengan prinsip syariah yang memberikan manfaat bagi umat," ujarnya.

"Selama lebih dari satu dekade melayani nasabah inklusi, BTPN Syariah tetap berupaya memberikan dampak sosial yang nyata bagi seluruh pemangku kepentingan. Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai rangkaian aktivitas sosial berkelanjutan. Program-program yang dijalankan di Riau antara lain membantu dalam pengadaan komputer untuk sekolah dan madrasah, pengadaan alat pembuatan kompos dan perpustakaan di sentra-sentra yang menjangkau nasabah dan komunitasnya," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement