Sabtu 17 Sep 2022 17:55 WIB

China Ingin Kerja Sama di Industri High Tech dengan Korsel

China menentang partisipasi Korsel dalam aliansi semikonduktor dengan AS.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Cina dan Korea Selatan (ilustrasi)
Bendera Cina dan Korea Selatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kepala badan legislatif China menyerukan kerja sama dengan Korea Selatan dalam teknologi canggih dan rantai pasokan. Jal itu diungkapkan dalam pertemuan dengan para pemimpin Korea Selatan pada Jumat (16/9/2022).

Seperti dilansir dari AP, Sabtu (17/9/2022), sosok Li Zhanshu, orang ketiga dalam hierarti Partai Komunis China dan salah satu orang kepercayaan terdekat Presiden Xi Jinping, adalah pejabat tertinggi China yang mengunjungi Korea Selatan sejak pendahulunya melakukannya pada tahun 2015.

Baca Juga

Perjalanannya dipandang sebagai bagian dari upaya Beijing untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara tetangga menjelang kongres Partai Komunis bulan depan yang kemungkinan akan memberi Xi masa jabatan lima tahun ketiga sebagai pemimpin.

Kunjungan Li juga penting bagi pemerintah Korea Selatan, yang ingin meyakinkan Beijing bahwa dorongannya untuk memperkuat aliansinya dengan AS dan berpartisipasi dalam inisiatif regional yang dipimpin AS tidak akan menargetkan China, mitra dagang terbesarnya.

Li, ketua komite tetap Kongres Rakyat Nasional China, mengatakan pada konferensi pers bersama dengan mitranya dari Korea Selatan bahwa China mendukung untuk mewujudkan kerja sama di sektor teknologi mutakhir dan mengelola rantai pasokan dan industri dengan lancar dan stabil.

Dia tidak menjelaskan lebih detail. Namun, komentarnya kemungkinan mencerminkan kekhawatiran di Beijing bahwa persaingan yang semakin ketat dengan Amerika Serikat dapat menyebabkan gangguan rantai pasokan karena beberapa perusahaan AS mengalihkan sumber dan produksi dari China.

China juga menentang kemungkinan partisipasi Korea Selatan dalam aliansi semikonduktor yang dipimpin AS yang melibatkan Taiwan dan Jepang.

Kedekatan Li dengan Xi menunjukkan bahwa komentarnya mencerminkan pemikiran Xi dan lingkaran dalamnya. Li, yang memimpin delegasi China yang beranggotakan 66 orang ke Korea Selatan, bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan pejabat tinggi lainnya Jumat malam.

Awal bulan ini, Li mengunjungi Rusia, di mana ia mengecam sanksi internasional terhadap Moskow, menggarisbawahi dukungan Beijing untuk Rusia dalam perangnya terhadap Ukraina meskipun ada klaim netralitas.

Pada hari Kamis (15/9/2022), Xi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela pertemuan regional di Uzbekistan. Putin berterima kasih kepada Xi atas pendekatannya yang “seimbang” terhadap krisis Ukraina dan mengecam kebijakan “jelek” Washington.

Pembicaraan Li dengan Yoon juga telah menarik perhatian karena Yoon bulan lalu melewatkan pertemuan langsung dengan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, yang mengunjungi Seoul setelah perjalanan ke Taiwan yang membuat marah China, yang mengklaim pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai wilayahnya.

Yoon, yang sedang berlibur, berbicara melalui telepon dengan Pelosi tetapi menghadapi kritik domestik bahwa dia sengaja menghindarinya agar tidak memprovokasi China.

Yoon adalah satu-satunya kepala pemerintahan yang tidak bertemu langsung dengan Pelosi selama perjalanannya ke Asia, yang juga mencakup Singapura, Malaysia, dan Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement