Selasa 06 Sep 2022 21:25 WIB

Indonesia Ingin Bawa Blue Economy dalam Kepemimpinan ASEAN 2023

Program Peta Jalan Ekonomi Biru Indonesia ini telah memulai framework pada 2020.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Narasumber berbicara dalam konferensi pers
Foto:

Selain itu, sebelum Indonesia sebagai ketua ASEAN, menurut  Amalia, pembahasan ini juga membangun kolaborasi potensial dalam desain dan implementasi Peta Jalan Ekonomi Biru Indonesia. "Strategi Ekonomi Biru yang inklusif dan berkelanjutan diharapkan dapat dirancang untuk menyejahterakan masyarakat mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang potensi lautnya sangat besar untuk dikelola,” katanya.

Dalam upaya penyusunan peta rancangan blue economy ini, Kementerian PPN mendapatkan dukungan dari mitra lokal dan internasional, termasuk UN Resident Coordinator, International Labour Organization, UN Environment Programme, ARISE+ Indonesia, dan EcoNusa Foundation. Dalam kesempatan side event DDM ini, menurut Amalia, akan membuka keterlibatan lebih luas dalam menyempurnakan peta rancangan tersebut.

“Pada akhirnya, G20 Side Event ini diharapkan memicu kolaborasi lintas sektor dan pemangku kepentingan dalam menciptakan kesejahteraan manusia dan berkontribusi pada transisi global menuju ekonomi dan kemakmuran laut yang lebih berkelanjutan," kata Amalia.

Amalia mengatakan, implementasi Peta Jalan Ekonomi Biru juga akan mendukung transformasi ekonomi Indonesia dalam jangka menengah dan panjang. Ditambah lagi menjadi berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja yang layak dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim.

 

Peta Jalan Ekonomi Biru Indonesia merupakan langkah tindak lanjut dari Kerangka Pembangunan Ekonomi Biru Indonesia yang telah diluncurkan tahun lalu. Strategi Ekonomi Biru yang inklusif dan berkelanjutan diharapkan dapat dirancang untuk menyejahterakan masyarakat mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang potensi lautnya sangat besar untuk dikelola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement