Senin 05 Sep 2022 13:03 WIB

Aset Kripto Bill Murray Dicuri Setelah Lelang Amal NFT 185 Ribu Dolar AS

Tidak hanya mencuri aset kripto, peretas juga berencana ambil 800 NFT Bill Murray

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bill Murray. Beberapa jam setelah penutupan lelang NFT Bill Murray yang telah mengumpulkan 119,2 ETH (sekitar 185 ribu dolar AS) untuk amal hari Kamis (1/9/2022) pekan lalu, seorang peretas berhasil mencuri dana tersebut.
Foto: EPA/TAL COHEN
Bill Murray. Beberapa jam setelah penutupan lelang NFT Bill Murray yang telah mengumpulkan 119,2 ETH (sekitar 185 ribu dolar AS) untuk amal hari Kamis (1/9/2022) pekan lalu, seorang peretas berhasil mencuri dana tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa jam setelah penutupan lelang NFT Bill Murray yang telah mengumpulkan 119,2 ETH (sekitar 185 ribu dolar AS) untuk amal hari Kamis (1/9/2022) pekan lalu, seorang peretas berhasil mencuri dana tersebut.

Peretas mulai menguras dompet pribadi Murray sekitar pukul 19.00, menurut data on-chain dari Etherscan dan detail dari tim Murray, dilansir dari CoinDesk.com, Senin (5/9/2022).

Individu yang tidak dikenal itu juga berusaha mengambil token yang tidak dapat dipertukarkan dari koleksi pribadi sang aktor.

Peretasan kepada publik figur itu menunjukkan, selebritas terkenal pun dapat menjadi korban peretas oleh pencuri kripto. Namun, dalam kasus Bill Murray, aktor tersebut mendapat keuntungan dari tim keamanan dompet yang melindunginya dari insiden terburuk.

Tim keamanan dompet Murray dari konsultan NFT, Project Venkman, turun tangan untuk melindungi NFT sang aktor dengan memindahkan gambar JPEG-nya yang mahal –termasuk NFT Damien Hirst, dua CryptoPunks, seekor Penguin Pudgy, Kucing Keren, dan banyak Gadis Bunga– ke sepasang safehouse dompet.

Peretas juga mencoba mencuri 800 NFT dari koleksi Bill Murray yang tersimpan di dompet, meskipun Project Venkman mengatakan upaya itu telah digagalkan dengan memindahkan NFT tersebut ke safehouse juga. Mereka mengatakan, telah menjalankan skrip secara otomatis untuk memindahkan NFT ke tempat yang aman.

Namun, mereka kurang berhasil melindungi dana. Seorang perwakilan mengkonfirmasi bahwa peretas yang dicuri dengan 119,2 ETH yang telah dikumpulkan Murray hanya satu hari sebelumnya untuk lelang amal.

Penyerang mengirim dana curian ke alamat dompet yang terkait dengan pertukaran crypto Binance dan Unionchain.ai, menurut tim Murray. Hingga kini, pelakunya masih belum teridentifikasi.

Meskipun ETH asli hilang, runner-up dalam lelang, pengguna Coinbase Mishap72, telah mengirim 120 ETH (sekitar 187.500 dolar AS) ke Chive Charities untuk menggantikan apa yang hilang, seorang perwakilan dari pasar mengatakan kepada CoinDesk.

Tim Murray mengatakan, telah mengajukan laporan polisi dan bekerja sama dengan perusahaan analitik crypto Chainalysis untuk membawa penyerang ke pengadilan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement