Ahad 24 Jul 2022 01:44 WIB

Anak Perusahaan Hyundai Memperkerjakan Anak-Anak di Pabrik AS

Anak usaha ini memasok suku cadang untuk beberapa mobil dan SUV Hyundai.

Rep: Mabruroh/ Red: Nidia Zuraya
Ini adalah grill depan kendaraan Hyundai yang dipamerkan di Pittsburgh International Auto Show 2020 Kamis, 13 Februari 2020 di Pittsburgh. Anak perusahaan dari Hyundai Motor Co telah menggunakan pekerja anak di sebuah pabrik yang memasok suku cadang untuk jalur perakitan pembuat mobil Korea di dekat Montgomery, Alabama.
Foto: AP Photo/Gene J. Puskar
Ini adalah grill depan kendaraan Hyundai yang dipamerkan di Pittsburgh International Auto Show 2020 Kamis, 13 Februari 2020 di Pittsburgh. Anak perusahaan dari Hyundai Motor Co telah menggunakan pekerja anak di sebuah pabrik yang memasok suku cadang untuk jalur perakitan pembuat mobil Korea di dekat Montgomery, Alabama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Anak perusahaan dari Hyundai Motor Co telah menggunakan pekerja anak di sebuah pabrik yang memasok suku cadang untuk jalur perakitan pembuat mobil Korea di dekat Montgomery, Alabama. Hal ini diungkapkan oleh polisi, keluarga dari pekerja di bawah umur dan mantan karyawan.

“Pekerja di bawah umur, dalam beberapa kasus yang termuda 12 tahun, baru-baru ini bekerja di pabrik stamping logam yang dioperasikan oleh SMART Alabama LLC,” kata orang-orang ini dilansir dari Alarabiya, Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga

SMART, terdaftar oleh Hyundai sebagai memasok suku cadang untuk beberapa mobil dan SUV paling populer yang dibuat oleh pembuat mobil di Montgomery, pabrik perakitan andalannya di AS.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (22/7/2022), Hyundai mengatakan “tidak mentolerir praktik ketenagakerjaan ilegal di entitas Hyundai mana pun. Kami memiliki kebijakan dan prosedur yang mengharuskan kepatuhan terhadap semua undang-undang lokal, negara bagian, dan federal.” 

SMART, dalam pernyataan terpisah, mengatakan bahwa pihaknya mengikuti undang-undang federal, negara bagian dan lokal dan “menyangkal tuduhan bahwa mereka secara sadar mempekerjakan siapa pun yang tidak memenuhi syarat untuk pekerjaan.” 

Perusahaan itu mengatakan bahwa mereka bergantung pada agen pekerjaan untuk masalah perekrutan. Perusahaan mengharapkan agen-agen ini untuk mengikuti hukum dalam merekrut, mempekerjakan, dan menempatkan pekerja di tempatnya.

SMART tidak menjawab pertanyaan spesifik tentang para pekerja yang disebutkan dalam cerita ini atau bagaimana anak-anak itu bekerja di pabrik.

Reuters mengetahui pekerja di bawah umur di pemasok milik Hyundai menyusul hilangnya seorang anak migran Guatemala pada Februari dari rumah keluarganya di Alabama.

Gadis yang akan berusia 14 tahun bulan ini, dan dua saudara laki-lakinya, berusia 12 dan 15 tahun, semuanya bekerja di pabrik itu awal tahun ini dan tidak bersekolah, menurut orang-orang yang mengetahui pekerjaan mereka. Ayah mereka, Pedro Tzi, membenarkan akun orang-orang ini dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Polisi di kota kelahiran keluarga Tzi, Enterprise mengatakan bahwa gadis itu dan saudara-saudaranya telah bekerja di SMART. Namun polisi tidak menyebutkan nama anak yang hilang itu karena masih di bawah umur.

Pasukan polisi di Enterprise, sekitar 45 mil dari pabrik di Luverne, tidak memiliki yurisdiksi untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran hukum perburuhan di pabrik. Sebaliknya, pasukan tersebut memberi tahu kantor jaksa agung negara bagian setelah insiden itu. Hal ini diungkapkan oleh seorang detektif polisi Enterprise, James Sanders.

Juru bicara di kantor jaksa agung Alabama, Mike Lewis menolak berkomentar. Tidak jelas apakah kantor atau penyelidik lain telah menghubungi SMART atau Hyundai tentang kemungkinan pelanggaran.

Anak-anak Pedro Tzi, yang sekarang telah mendaftar untuk masa sekolah yang akan datang, termasuk di antara kelompok pekerja di bawah umur yang lebih besar yang menemukan pekerjaan di pemasok milik Hyundai selama beberapa tahun terakhir. Ini diungkapkan oleh para mantan karyawan dan juga perekrut tenaga kerja.

Beberapa anak di bawah umur ini, kata mereka, telah meninggalkan sekolah untuk bekerja dalam shift panjang di pabrik, fasilitas luas dengan riwayat pelanggaran kesehatan dan keselamatan yang terdokumentasi, termasuk bahaya amputasi.

Sebagian besar karyawan saat ini dan mantan karyawan yang berbicara dengan Reuters melakukannya dengan syarat anonim. Reuters tidak dapat menentukan jumlah pasti anak-anak yang mungkin telah bekerja di pabrik SMART, apa yang dibayar anak-anak di bawah umur atau syarat-syarat lain dari pekerjaan mereka.

Pengungkapan pekerja anak di rantai pasokan Hyundai AS dapat memicu reaksi konsumen, peraturan, dan reputasi salah satu pembuat mobil paling kuat dan menguntungkan di dunia.  Dalam "kebijakan hak asasi manusia" yang diposting online, Hyundai mengatakan melarang pekerja anak di seluruh angkatan kerjanya, termasuk pemasok.

Perusahaan baru-baru ini mengatakan akan memperluas di Amerika Serikat, merencanakan investasi lebih dari 5 miliar dolar termasuk pabrik kendaraan listrik baru di dekat Savannah, Georgia.

“Konsumen harus marah,” kata David Michaels, mantan asisten menteri tenaga kerja AS untuk Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, atau OSHA.

“Mereka harus tahu bahwa mobil-mobil ini sedang dibangun, setidaknya sebagian, oleh pekerja yang masih anak-anak dan harus bersekolah daripada mempertaruhkan nyawa dan anggota tubuh karena keluarga mereka sangat membutuhkan penghasilan,” tambahnya.

Pada saat kekurangan tenaga kerja AS dan gangguan rantai pasokan, para ahli tenaga kerja mengatakan bahwa ada peningkatan risiko bahwa anak-anak, terutama migran tidak berdokumen, dapat berakhir di tempat kerja yang berbahaya dan ilegal bagi anak di bawah umur.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement