Kamis 21 Jul 2022 09:32 WIB

Sejahterakan UMKM, Erick Thohir akan Bangun Sarinah Mini

Erick berencana membangun Sarinah mini di setiap bandara di seluruh Indonesia

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Pengunjung melihat kain tenun yang dijual di Sarinah, Jakarta, (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Budi Prasetiyo
Pengunjung melihat kain tenun yang dijual di Sarinah, Jakarta, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggagas rencana untuk membangun Sarinah mini pada setiap bandara di seluruh Indonesia. Ide tersebut dinilai mampu memacu kesejahteraan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Wacana Erick Thohir membangun Sarinah mini di setiap bandara pun mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya berasal dari relawan Konco Erick Thohir yang berpusat di Jawa Timur (Jatim).

Baca Juga

Ketua Konco Erick Thohir, Yachya Sultoni menilai, ide tersebut merupakan gagasan yang sangat cemerlang. Apalagi Jatim memiliki cukup banyak bandara, nantinya jika Sarinah mini sudah terealisasi bakal mengakomodir UMKM-UMKM di Jatim dan tentunya membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

“Tentu kami sangat mendukung dan mengapresiasi niatan Pak Erick Thohir membuat Sarinah-Sarinah mini di setiap bandara. Hal ini tentu kabar baik bagi para UMKM khususnya di Jatim untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujar Sulton pada Kamis (21/7/2022).

 

Sulton berharap ide gemilang tersebut mampu terealisasi agar ruang etalase bagi para UMKM semakin besar. Hal tersebut juga menunjukkan keberpihakan BUMN terhadap pertumbuhan UMKM dan produk-produk lokal di Tanah Air.

“Jika terwujud Sarinah mini di seluruh bandara, tentu ruang bagi para UMKM juga akan semakin besar. Dampaknya pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan bangsa Indonesia itu sendiri. Komitmen ini juga merupakan keberpihakan BUMN terhadap produk lokal,” kata Sulton.

Sebelumnya, Erick Thohir telah sukses memoles wajah baru Sarinah dengan menyediakan ruang lebih dari 500 UMKM. Eks Presiden Inter Milan itu ingin menghadirkan Sarinah mini di Bandara dengan tujuan membuat UMKM naik kelas.

“Ini sebagian kecil dari 500 UMKM yang sudah bergabung di Sarinah, kita tak berpuas diri dan terus mendorong Sarinah-sarinah mini di bandara sebagai jendela produk lokal kita,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement