Rabu 06 Jul 2022 17:07 WIB

Pemerintah Siapkan Dana Subsidi Perumahan Rp 19 Triliun pada 2022

Dana Rp 19 triliun digunakan untuk mensubsidi 200 ribu rumah.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Foto udara pembangunan sebuah perumahan bersubsidi di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (14/6/2022). Pemerintah menyiapkan pembiayaan rumah bersubsidi melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada tahun 2023 sebanyak 220 ribu unit atau sebesar Rp25,2 triliun untuk masyarakat berpenghasilan rendah.
Foto:

Menurutnya pemerintah sejauh ini selalu menggunakan instrumen APBN guna membantu masyarakat, baik kelas bawah maupun kelas menengah. Salah satu bantuan yang diberikan kepada kelas menengah dengan menyediakan subsidi perumahan seperti yang dilakukan melalui FLPP.

Meski begitu, dia mengungkapkan, pemerintah akan terus berupaya menyediakan berbagai skema kredit rumah rakyat yang bersubsidi untuk mengurangi gap affordability. Selain subsidi melalui FLPP tadi, masih ada sejumlah program lain yang diberikan guna membantu masyarakat memiliki rumah.

 

"Jadi likuiditas untuk pembiayaan perumahan itu penting. Pemerintah juga memberikan subsidi selisih bunga (SSB), pemerintah juga menciptakan bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan. Jadi kita seolah-olah nabung tapi itu sebenarnya nyicil rumah," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement