Jumat 03 Jun 2022 18:47 WIB

WSBP Implementasikan Prinsip Tata Kelola yang Baik

WSBP juga memastikan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pekerja PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) merangkai rangka cetakan spun pile di WSBP Plant Karawang, Karawang, Rabu (17/6).  Anak usaha PT Waskita Karya (Persero), PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berkomitmen menerapkan good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Pekerja PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) merangkai rangka cetakan spun pile di WSBP Plant Karawang, Karawang, Rabu (17/6). Anak usaha PT Waskita Karya (Persero), PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berkomitmen menerapkan good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak usaha PT Waskita Karya (Persero), PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berkomitmen menerapkan good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko WSBP Asep Mudzakir mengatakan, manajemen telah melakukan pengelolaan perusahaan sesuai tata kelola perusahaan yang baik bersifat transparan, akuntabel, bertanggung jawab, mandiri, serta sesuai dengan prinsip kewajaran dan kesetaraan.

Selain itu, lanjut Asep, WSBP juga memastikan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) ISO 37001:2016 dapat berjalan dengan baik di seluruh operasional perusahaan. "Di samping langkah pencegahan dan peningkatan sistem tata kelola perusahaan yang baik, WSBP juga membuka saluran Whistle Blowing System (WBS)," ujar Asep dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga

Asep menyebut lingkup WBS mencakup pengaduan korupsi, suap, konflik kepentingan, kecurangan, penyimpangan atas laporan keuangan, serta pelanggaran hukum dan peraturan lain yang relevan. Asep menegaskan, seluruh laporan yang diterima oleh tim WBS akan ditindaklanjuti dengan seksama oleh manajemen dan juga menjamin kerahasiaan data pelapor.

Atas penerapan tata kelola perusahaan yang baik, WSBP mendapatkan penghargaan Top 50 kategori Mid Capitalization (Mid Cap) Public Listed Company 2022 yang diberikan The 13th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Awards.

WSBP dinilai sebagai salah satu emiten yang telah mengimplementasikan praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik pada tahun sebelumnya dan tidak terkait kasus serius yang bertentangan dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Asep menilai penghargaan ini menunjukan bahwa WSBP berkomitmen dalam mengembangkan bisnis sesuai dengan prinsip environmental, social, dan governance (ESG). Menurut Asep, hal ini akan menjadi momen yang baik untuk WSBP dapat terus meningkatkan implementasi tata kelola perusahaan yang baik di lingkungan perusahaan.

"Kami sangat mengapresiasi adanya pencapaian perusahaan dalam bidang GCG ini. Tentunya dukungan dari manajemen dan seluruh insan WSBP menjadi faktor yang mendorong hasil GCG yang baik," kata Asep menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement