Senin 30 May 2022 17:43 WIB

Wamenparekraf Dukung Promosi Pariwisata Berbasis Teknologi

Pariwisata Indonesia tidak hanya menggeliat namun bisa kembali bergelora.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo mendukung promosi pariwisata di Tanah Air yang berbasis teknologi.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo mendukung promosi pariwisata di Tanah Air yang berbasis teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Herliani Tanoesoedibjo mendukung promosi pariwisata di Tanah Air yang berbasis teknologi karena sejalan dengan visi pemerintah untuk memulihkan kondisi pariwisata Indonesia.

Menurut Angela program sejenis akan mendukung pulihnya sektor pariwisata dan dapat memberikan sumbangan yang positif dalam hal mempromosikan pariwisata Indonesia di masa kini, juga mendukung pertumbuhan ekonomi nasional membaik. "Program ini tentu saja sejalan dengan gerakan Kemenparekraf yang mengajak masyarakat Indonesia untuk berwisata di Indonesia aja," kata Angela dalam acara konferensi pers hybrid di kawasan Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022).

Baca Juga

Adapun promosi digital yang dimaksud oleh Angela adalah program yang dibesut oleh perusahaan teknologi asal Indonesia yaitu Traveloka dan sudah menjadi program rutin untuk menghadirkan tawaran pariwisata dengan kualitas dan harga terbaik. Memasuki 2022, kondisi pariwisata di Indonesia terbilang bertumbuh positif meski masih berjalan beriringan dengan penanganan pandemi COVID-19.

.

Selain cakupan vaksinasi COVID-19 memberikan rasa aman kepada para pelaku pariwisata, pembukaan akses bagi pelaku pariwisata luar negeri ke Indonesia yang sebelumnya ditutup pun kini dibuka dan dilonggarkan sehingga gelaran pariwisata di Tanah Air bergerak ke arah positif. Tercatat dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) kunjungan wisatawan asing ke Indonesia pada Maret 2022 saja meningkat 206, 25 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bahkan kunjungan ke Bali yang akibat pandemi mengalami pukulan telak, tercatat pada Maret 2022 mendapatkan kenaikan kunjungan hingga 1000 persen sejak relaksasi dan pelonggaran aturan diberlakukan. Dengan adanya promosi yang lebih baik terutama memanfaatkan teknologi tentu diharapkan pariwisata Indonesia tidak hanya menggeliat namun bisa kembali bergelora.

"Saya harap (promosi berbasis teknologi) bisa memberi kontribusi positif menghidupkan tidak hanya pariwisata di Indonesia, tapi juga usaha dari pelaku UMKM ekonomi kreatif di destinasi- destinasi pariwisata Indonesia," tutup Angela.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement