Kamis 21 Apr 2022 21:52 WIB

Lebaran Tahun Ini Diprediksi Trafik Telekomunikasi di Jabar Naik 15 Persen

Pada akhir tahun 2022, IOH akan mengintegrasikan lebih dari 43 ribu sites.

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Jaringan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) siap memberikan  pengalaman digital kelas dunia untuk pelanggan dalam menyambut masa Libur Lebaran 2022.
Foto: istimewa
Jaringan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) siap memberikan pengalaman digital kelas dunia untuk pelanggan dalam menyambut masa Libur Lebaran 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Jaringan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) siap memberikan  pengalaman digital kelas dunia untuk pelanggan dalam menyambut masa Libur Lebaran 2022.

Menurut Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, pada 2021 pertumbuhan trafik IOH di Jabar meningkat 8 persen saat libur lebaran. Desmond memprediksi, tahun 2022 ini pertumbuhan akan meningkat lagi. Karena, masyarakat yang mudik meningkat berkali-kali lipat. "Kami prediksi kenaikan trafik di Jabar khususnya Bandung selama lebaran naik 15 persen sampai 16 persen. Kan tahun ini lebih banyak yang mudik," ujar Desmond, Rabu malam (21/4/2022).

Baca Juga

Menurutnya, pihaknya akan mengantegrasi dan mengoptimalisasi jaringan di 300 titik pusat keramaian (POI) dan menyiapkan 30 persen kapasitas data untuk lonjakan pengguna. 

Desmond mengatakan IOH, resmi beroperasi pada awal Januari tahun ini. IOH yang baru berumur sekitar 100 hari telah melakukan integrasi jaringan secara bertahap untuk memberikan pengalaman telekomunikasi digital pelanggan yang lebih baik.  

Pada akhir tahun 2022, kata dia, IOH akan mengintegrasikan lebih dari 43 ribu sites. Integrasi memberikan peningkatan layanan indoor coverage dan penambahan kapasitas dengan pemanfaatan kerapatan sites dan lebar pita dari jaringan sebelumnya. 

IOH pun, kata dia, akan menambahkan lebih dari 11 ribu sites baru di beberapa tahun mendatang untuk lebih memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan IM3 maupun Tri.  “Sejak resmi bergabung menjadi IOH, kami langsung melakukan pilot project pengintegrasian jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN)," katanya.

Hal itu, kata dia, dilakukan dengan tujuan agar pihaknya dapat segera mewujudkan layanan telekomunikasi digital berkelas dunia dengan kecepatan dan jangkauan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan.

"Dalam rangka menyambut masa libur lebaran tahun ini, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia akan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman, kami telah melakukan segala persiapan untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi digital mereka," katanya.

IOH, kata dia, telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30 persen untuk lonjakan traffic per hari dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp.  

Menurutnya, berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH mengantisipasi peningkatan traffic data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menikmati masa libur lebarannya, kata dia, IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, kata dia, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya. Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik. 

Desmond menjelaskan, komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, khususnya di masa libur lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7. Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan. 

Prioritas utama pihaknya, kata dia, adalah memaksimalkan pengalaman pelanggan. Serta, kesiapan jaringan yang terintegrasi lewat teknologi MOCN, peningkatan kapasitas data, optimalisasi jaringan di berbagai POI dan rute mudik, monitoring yang intensif melalui command center terpusat, dan kesiagaan saluran layanan pelanggan.

Agar mampu memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan IOH. "Kami berharap dengan ekosistem digital lengkap akan memaksimalkan keseruan libur lebaran pelanggan bersama keluarga tercinta di kampung halaman,” kata Desmond. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement