Selasa 19 Apr 2022 02:30 WIB

CSAP Cetak Laba Rp 220 Miliar, Tumbuh 144 Persen

CSAP menargetkan membuka delapan gerai baru pada 2022.

Rep: Novita Intan/ Red: Satria K Yudha
Suasana superstore Mitra10 di Riau, Pekanbaru, Kamis (20/1/2022). PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) membuka tahun 2022 dengan ekspansi gerai Mitra10 ke-43 yang berlokasi di Riau, Pekanbaru.
Foto: Dok. CSAP
Suasana superstore Mitra10 di Riau, Pekanbaru, Kamis (20/1/2022). PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) membuka tahun 2022 dengan ekspansi gerai Mitra10 ke-43 yang berlokasi di Riau, Pekanbaru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) membukukan laba bersih sebesar Rp 220 miliar. Laba emiten pengelola Mitra10 ini tumbuh 144 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 90 miliar.

Sekretaris Perusahaan CSAP Idrus Widjajakusuma mengatakan, kinerja sepanjang 2021 tersebut ditopang oleh kedua segmen bisnis yang dimiliki perusahaan. Kedua segmen itu adalah  segmen distribusi yang berkontribusi 64 persen dan segmen ritel yang berkontribusi sebesar 36 persen.

 

Emiten pemilik jaringan distribusi dan ritel modern bahan bangunan ini menyebutkan, segmen distribusi yang melayani distribusi bahan bangunan, kimia dan consumer goods tumbuh 12,7 persen. Sedangkan segmen retail yang diwakili oleh Mitra10 dan Atria berhasil tumbuh 12 persen.

 

“Pencapaian ini merupakan catatan tersendiri mengingat keterbatasan operasi dan aktivitas semasa pandemi,” kata Idrus dalam siaran pers, Senin (18/4/2022).

 

Ia menyampaikan, perusahaan  berhasil membukukan penjualan dan pendapatan usaha sebesar Rp 14,24 triliun. Jumlah itu tumbuh 12,5 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 12,65 triliun.

 

Penjualan barang beli putus tercatat sebesar Rp 13,5 triliun dan sedangkan penjualan konsiyansi sebesar Rp 730,1 miliar sepanjang 2021. Solidnya kinerja penjualan dan rendahnya pertumbuhan beban pokok penjualan barang beli putus berdampak positif pada laba kotor CSAP. 

 

“Sepanjang 2021, laba kotor sebesar Rp 2,29 triliun atau tumbuh 16,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,97 triliun,” kat dia. 

 

Idrus mengatakan, CSAP akan terus melakukan ekspansi bisnis untuk mengejar pertumbuhan. CSAP berencana menambah empat toko baru Mitra10 dan empat toko baru Atria pada 2022.

 

Dari target tersebut, satu toko baru Mitra10 ke-43 telah diresmikan pada Januari 2022 di kota Pekanbaru dan dua showroom Atria ke-16 di Pekanbaru, Riau dan ke-17 telah diresmikan pada awal April 2022 di Pasar Baru, Tangerang. Selanjutnya Mitra10 akan menyusul dibuka di Cibinong , Bogor; Pondok Bambu, Jakarta, dan di Lampung. 

 

“Selain membuka toko baru, perusahaan juga berencana melakukan desain ulang empat toko lama Mitra10.”

 

Dengan sejumlah target itu, kata dia, pada akhir 2022 CSAP akan memiliki 46 toko Mitra10 dan 19 toko Atria. CSAP optimistis target 50 toko Mitra10 akan tercapai pada 2023.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement