Sabtu 02 Apr 2022 11:50 WIB

Damri dan Jababeka Integrasikan Moda Transportasi

Rute Damri Stasiun Cikarang-Jababeka beroperasi mulai 4 April

Rep: Novita Intan/ Red: Satria K Yudha
Keadaan stasiun cikarang cukup ramai setelah KRL Jakarta Kota-Cikarang mulai dioperasikan pada Selasa (10/10).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Keadaan stasiun cikarang cukup ramai setelah KRL Jakarta Kota-Cikarang mulai dioperasikan pada Selasa (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Aksesibilitas bagi masyarakat menuju Cikarang, khususnya Kota Jababeka, akan semakin mudah. Hal itu menyusul telah diresmikannya Stasiun Cikarang dan shuttle bus Damri Rute Stasiun Cikarang -Hollywood Junction- Kota Jababeka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ini sebagai upaya pengintegrasian perpindahan antarmoda, sehingga meningkatkan kenyamanan masyarakat yang ingin berpergian ke arah Cikarang.

Hal itu dibuktikan sendiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang datang ke acara peresmian Stasiun Cikarang dengan naik bus Damri jenis microbus dari Kota Jababeka ke Stasiun Cikarang.

 

"Integrasi antarmoda di Stasiun Cikarang akan mendukung aksesibilitas menuju kawasan industri, sehingga mendorong peningkatan ekonomi dan produktivitas masyarakat sekitar," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat peresmian di Stasiun Cikarang, Kabupaten Cikarang, Jumat (1/4/2022).

 

 

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, meyakini kehadiran Stasiun Cikarang dan shuttle bus Damri akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dia mengaku optimistis integrasi antar moda di Stasiun Cikarang bisa mendorong masyarakat kembali ke angkutan yang ramah lingkungan sekaligus mengakomodasi pertumbuhan masyarakat dari dan menuju Cikarang yang selama ini tak sedikit menggunakan transportasi pribadi.

 

Hal senada disampaikan oleh Direktur Utama Damri, Setia N Milatia Moemin. Dia menerangkan, dibukanya layanan tersebut bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya penggunaKRL dari Stasiun Cikarang untuk menggunakan Damri menuju tempat kerja di wilayah Kawasan Kota Jababeka.

 

Rute Damri Stasiun Cikarang-Hollywood Junction Jababeka beroperasi setiap Senin sampai Sabtu mulai 4 April 2022 dengan jadwal keberangkatan setiap 1 jam dari pukul 05.30 WIB sampai 17.30 WIB. “DAMRI mengerahkan armada bus terbaik jenis microbus berkapasitas 12 pelanggan yang akan dioperasikan untuk mendukung layanan tersebut,” terang Milatia. 

 

Adapun untuk tarifnya, DAMRI memberikan tarif promo sebesar Rp 10 ribu pada tahap awal perjalanan dari Stasiun Cikarang menuju Hollywood Junction Jababeka maupun sebaliknya

 

Menanggapi kolaborasi dengan DAMRI, Direktur PT Jababeka Tbk, Sutedja Sidarta Darmono menambahkan pihaknya berkomitmen untuk melakukan upaya agar minat masyarakat menggunakan angkutan umum semakin meningkat.

 

"Kawasan Kota Jababeka saat ini telah menjadi tempat berbisnis bagi lebih dari dua ribu perusahan nasional dan multinasional yang berasal 33 negara dengan jumlah pekerja mencapai satu jiwaserta jumlah populasi mencapai lebih dari 1,2 juta jiwa,” katanya. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement