REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan peranan vital BUMN dalam memastikan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 2045. Dia menyebut BUMN harus menancapkan fondasi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.
"2045 menjadi pusat atau titik kejayaan bangsa kita di mana ekonomi kita terus tumbuh dan ada empat hal yang memperkuat fondasi itu," ujar Erick dalam acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit 2022 di Jakarta, Rabu (23/3/2022) malam.
Erick menjelaskan empat faktor kunci BUMN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia 2045 meliputi, hilirisasi sumber daya alam (SDA), optimalisasi potensi ekonomi digital, mewujudkan BUMN yang profesional dan transparan, serta pengembangan human capital. Erick mewajibkan BUMN untuk berkontribusi terhadap empat fokus tersebut.
"Bicara hilirisasi SDA, perusahaan pertambangan BUMN setelah dikonsolidasikan bukan kaleng-kalengan, punya Freeport, punya nikel, bauksit, timah," lanjutnya.
Namun selama ini, kata Erick, Indonesia selalu terjebak ingin mencari uang cepat dan lupa bahwa seluruh hasil tambang ini memiliki value yang luar biasa untuk bangsa. Erick menyebut BUMN memiliki tanggung jawab besar dalam optimalisasi hilirisasi SDA.
Untuk itu, Kementerian BUMN memberikan penghargaan kepada kinerja BUMN dalam segi komunikasi internal dan eksternal. Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, BCOMSS ini merupakan upaya untuk mengukur tingkat keberhasilan BUMN dalam merawat komunikasi dan informasi.
“Kemudian juga bagaimana mereka merawat hubungan dengan stakeholder mereka membangun hubungan dengan media untuk mendapatkan target-target mereka, target perusahaan korporasi,” ujarnya.
Dia mengharapkan BCOMSS mampu mendorong kinerja BUMN. Sebab penilaian dilakukan secara objektif oleh Najwa Sihab, J Ansye Sopacua, Yoris Sebastian, Maria R Nindita Radyati, Tedi Bharata dan Arya Sinulingga.
“Kami juga menilai keberhasilan CSR mereka, baik di lingkungan kesehatan pendidikan UMKM kita ukur semuanya dari situ selama setahun kemarin,” terangnya.
Arya mengharapkan, BCOMSS mampu memicu kinerja BUMN untuk tetap bekerja keras selama setahun ke depan. Sehingga mampu menjadikan BUMN tangguh dan bagus.
Adapun pemenang dalam BCOMSS 2022:
Best of The Best Corporate Communications : PT Kereta Api Indonesia
Social Media and Corporate Campaign : PT Kereta Api Indonesia
Internal Communications Implementation : PT Bank Rakyat Indonesia
Media Relations Management : PT Hutama Karya (Persero)
Social Media Rangers Activation : Perum Perumnas
Stakeholder Relations Management : PT Pertamina (Persero)
Corporate Communications of The Year : PT Pertamina (Persero)
Content Creator : PT Kereta Api Indonesia
Best of The Best Sustainability Program : PT Pertamina (Persero)
SME Development : PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
Community Involvement and Development (CID) Pendidikan: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
Community Involvement and Development (CID) Kesehatan: PT PLN (Persero)
Community Involvement and Development (CID) Lingkungan: PT PLN (Persero)
Creating Shared Values : PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
Officer TJSL of The Year : PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
BUMN Local Heroes : PT Pertamina (Persero) atas nama Yulianti