Senin 21 Mar 2022 12:20 WIB

PLN Amankan Pasokan Listrik Selama IPU Ke-144 di Bali

PLN melakukan pengamanan listrik dengan memastikan ketersediaan pasokan listrik

Suasana Pembukaan IPU ke-144 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Ahad (20/3).
Foto: Humas DPR
Suasana Pembukaan IPU ke-144 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali, Ahad (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali menjamin keamanan pasokan listrik selama pertemuan parlemen dunia atau Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada 20-24 Maret 2022.

"Komitmen tanpa padam ini ditunjukkan melalui keandalan pasokan di sisi operasi sistem, pembangkit, transmisi, distribusi hingga pengamanan selama acara berlangsung," kata General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana, di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (21/3/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan PLN melakukan pengamanan listrik dengan memastikan ketersediaan pasokan listrik dalam jumlah yang aman dengan cadangan daya hingga 42 persen atau sebesar 556,10 MW. "Pasokan listrik sub sistem Bali dalam keadaan aman, dengan daya mampu sebesar 1.322,10 MW dan beban puncak tertinggi pada malam hari sebesar 766 MW," katanya.

Udayana menambahkan bahwa di lokasi juga terdapat back-up Supply yakni Uninterrutible Power Supply (UPS) sebanyak lima unit dengan kapasitas total sebesar 950 kVA dan dua unit genset total kapasitas 350 kVA serta 1 unit kabel bergerak dan 26 unit gardu bergerak. Selain itu, ia mengatakan pengamanan, khususnya di sisi transmisi dan distribusi, dilakukan berlapis di beberapa lokasi penting antara lain dengan memasok listrik melalui Gardu Induk Nusa Dua yang disalurkan melalui ke penyulang utama.

"Kami menjamin keandalan selama pelaksanaan acara berlangsung, dan apabila terjadi gangguan pada pemasok utama, listrik akan disalurkan pada melalui pemasok cadangan," ungkapnya.

Beberapa lokasi prioritas pengamanan kelistrikan untuk kegiatan IPU ke-144 diantaranya adalah BICC-Westin, The Apurva Kempinski, Nusa Dua Beach, Sheraton Laguna, St Regis, Coutyard Marriot, Sofitel, Kayu Manis, dan Melia Bali. "Selain keamanan dari segi pasokan, PLN juga menyiagakan personel antara lain dari Pelayanan Teknik, Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan personil PLN," kata Udayana.

Seluruh personel sebelumnya telah melakukan apel siaga keandalan kelistrikan di Kantor PLN UP3 Bali Selatan dan Manager PLN UP3 Bali SelatanBobby Cristya Surya bertindak selaku pembina apel. Udayana juga memastikan bahwa selama kegiatan berlangsung tidak akan dilaksanakan kegiatan pemeliharaan jaringan listrik, namun jika dibutuhkan, pekerjaan akan dilakukan tanpa padam.

"PLN selalu siap dalam mendukung kegiatan bertaraf internasional seperti IPU ke-144 ini dengan memberikan pelayanan kelistrikan yang andal tanpa padam demi kesuksesan acara," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement