Kamis 10 Mar 2022 02:05 WIB

Federal Oil Lakukan Terobosan untuk Cegah Pemalsuan Oli dan Pencemaran Lingkungan

Penggunaan oli palsu menyebabkan kerusakan fatal pada mesin

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Gita Amanda
Federal Oil menjembatani kebutuhan pelumas kendaraan roda dua lewat peluncuran delapan varian baru.
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
Federal Oil menjembatani kebutuhan pelumas kendaraan roda dua lewat peluncuran delapan varian baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keaslian sebuah pelumas adalah hal yang perlu diperhatikan saat pengendara ingin melakukan pembelian oli. Jika tak jeli, maka penggantian oli bisa malah menyebabkan kerusakan fatal pada mesin karena menggunakan oli palsu.

Demi melindungi konsumen, Federal Oil pun melakukan terobosan agar konsumen selalu mendapatkan produk yang asli. Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Hasril Arsyad mengatakan, terobosan itu diwujudkan lewat produk terbaru yang kini dibekali dengan quick response code atau QR code.

Baca Juga

“Dalam produk terbaru, setiap kemasan dilengkapi dengan QR code. Sehingga, konsumen cukup memindai QR code itu untuk memastikan keaslian oli,” kata Hasril dalam peluncuran varian baru Federal Oil di Jakarta, Selasa (8/3/2022) lalu.

Ia menekankan, setiap botol pelumas Federal Oil hadir dengan QR code yang sangat unik sehingga kode itu tak mudah untuk dipalsukan. Bahkan, jika kode itu dicetak ulang, maka hasil pemindaian akan tetap dapat mengetahui apakah oli tersebut asli atau palsu.

Terobosan ini sendiri dihadirkan agar Federal Oil dapat mengantisipasti penyebaran oli palsu yang terkadang bisa mengecoh konsumen sehingga perlu disikapi dengan terobosan yang efektif.

Selain ingin melindungi konsumen, produk baru ini juga dihadirkan untuk bisa melindungi lingkungan dari sampah plastik.

Executive Advisor PT Federal Karyatama (FKT), Patrick Adhiatmadja mengatakan, produk baru ini dikemas menggunakan botol plastik dari hasil daur ulang. “Sekitar 80 persen plastik yang digunakan sebagai kemasan adalah plastik daur ulang,” kata Patrick Adhiatmadja.

Plastik yang didaur ulang sendiri merupakan plastik dari botol bekas sehingga langkah ini diharapkan bisa berperan dalam menekan sampah plastik secara signifikan.

Produk baru yang dihadirkan itu sendiri tercakup dalam tiga kategori yang memiliki formulasi dan spesifikasi terbaru untuk memberikan kinerja mesin yang lebih baik.

Ketiga kategori itu adalah Federal Matic yang diperuntukan bagi motor bertransmisi otomatis dengan lima pilihan varian yaitu Federal Matic 30, Federal Matic 40, Federal Matic Ultratec 30 dan Federal Matic Y4, serta Federal Matic Gear Oil yang diperuntukan khusus dalam melindungi roda gigi pada motor matik.

Lalu dua kategori lainya adalah Federal Ultratec yang diperuntukan untuk motor bertransmisi manual atau motor bebek yaitu Federal Ultratec XX dan Federal Ultratec serta kategori Federal Racing yang dirancang khusus untuk motor bertransmisi manual yang memiliki performa tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement