Ahad 06 Mar 2022 18:54 WIB

Erick: MotoGP Dongkrak Brand Positioning Indonesia di Mata Dunia

MotoGP akan memberikan reputasi positif Indonesia di kancah internasional.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, ajang MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia akan memberikan reputasi positif Indonesia di kancah internasional. (ilustrasi).
Foto: Antara
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, ajang MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia akan memberikan reputasi positif Indonesia di kancah internasional. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, ajang MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia akan memberikan reputasi positif Indonesia di kancah internasional.

BUMN, ucap Erick, berkomitmen penuh mendukung kesuksesan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan membawa dampak besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi bangsa.

Baca Juga

"Brand positioning Indonesia sebagai negara yang sangat besar dan mempunyai merek besar, tapi selama ini promosi masih kurang," ujar Erick dalam konferensi pers perkembangan persiapan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Jakarta, Ahad (6/3/2022).

Erick menyebut olah raga merupakan salah satu medium yang paling efektif dan efisien dalam hal promosi. Erick mencontohkan kesuksesan Asian Games 2018 membuat nama Indonesia begitu menjadi perhatian dunia internasional. Erick meyakini MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia juga akan mengikuti keberhasilan Indonesia dalam menggelar Asian Games pada 2018.

"Seperti Asian Games, semua dunia tahu. Pun juga dengan menjadi tuan rumah MotoGP selama sepuluh tahun, dengan siaran mencakup sepertiga penduduk dunia, ini promosi yang luar biasa. Promosi tercepat ya lewat event olahraga," ucap Erick.

Erick menyampaikan keberhasilan menggelar MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia akan menarik banyak investor untuk berinvestasi di Indonesia. Menurut Erick, hal ini sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat hingga 2045. Terlebih, ucap Erick, mayoritas penduduk Indonesia saat ini diisi generasi muda.

"Kita lihat pertumbuhan industri motor akan terus berkembang. Ini jadi win-win untuk kota dan Dorna. Kita bersama Kementerian Investasi terus mendorong investasi sebesar-besarnya untuk pembukaan lapangan kerja, terutama di industri otomotif," kata Erick.

Wakil Menteri (Wamen) BUMN II Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengatakan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia mendorong sinergitas yang besar antara BUMN.

Tiko menyebut total investasi BUMN untuk MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia mencapai Rp 3,8 triliun yang meliputi pembangunan sirkuit dalam bentuk pengaspalan oleh PT PP, anak usaha PT Wijaya Karya (Wika), Wika Gedung yang membangun paddock atau pit building modular, pengembangan Bandara Internasional Lombok oleh PT Angkasa Pura I, hingga Pelabuhan Gilimas oleh PT Pelindo.

"Ada juga sponsorship Pertamina dengan title MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia, lalu ada Mandiri, BRI, Telkom yang nantinya punya lounge di atas bukit 360 derajat yang diharapkan jadi ikon di Mandalika," ucap Tiko.

Komandan Lapangan MotoGP Hadi Tjahjanto mengatakan persiapan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia terus dimatangkan, termasuk pembenahan jalur bypass dari Bandara Internasional Lombok-Bundaran Songgong yang sudah mencapai 80 persen. Hadi menyampaikan proses perbaikan sirkuit juga terus dilakukan dan ditargetkan akan rampung pada 8 Maret mendatang.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan aparat dalam rekayasa lalu lintas untuk jalur darat di lima pintu yakni (pelabuhan) Gilimas, Bangsal, Lembar, Kayangan, dan Bandara Internasional Lombok sehingga tidak terjadi crowded," ujar Hadi.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan InJourney sebagai holding pariwisata dan pendukung juga melakukan sejumlah antisipasi dalam menghadapi tingginya amino masyarakat terhadap MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia. Dony menyebut animo tinggi terlihat dengan telah habisnya tiket untuk hari utama balapan pada Ahad (20/3/2022).

"Atas arahan Pak Menteri, karena banyaknya permintaan (masyarakat) untuk tidak menginap maka kami tingkatkan (jumlah) penerbangan Bali-Lombok dan Surabaya-Lombok untuk Ahad (20/3/2022)," ucap Dony.

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyampaikan terima kasih kepada Jokowi dan Erick yang selalu memonitor perkembangan persiapan MotoGP 2022 Seri Pertamina Grand Prix of Indonesia. Zul sepakat dengan gagasan Erick bahwa olah raga menjadi medium tepat dalam meningkatkan branding pariwisata NTB.

"Apa yang dikatakan Pak Erick memberikan cara baru dalam mempromosikan daerah kami. Selama ini kami promosi dengan biaya sangat mahal, tali positioning dan jangkauan terbatas. Dengan MotoGP saya kira akan membuat Mandalika dikenal di seluruh dunia," kata Zul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement