Kamis 24 Feb 2022 07:59 WIB

Mengenali Bagian Vital Equipment Kilang Balongan yang Diganti dan Tujuannya

Preflash column berfungsi sebagai pemisah pemisah crude menjadi fraksi ringan offgas dan nafta.

Rep: udang bago/ Red: Partner
.
.

Preflash Column berfungsi sebagai pemisah pemisah crude menjadi fraksi ringan (Offgas dan Nafta) di bagian atas dan fraksi yang lebih berat ke bagian bawah dengan bantuan steam sebagai sumber energy. (Istimewa)
Preflash Column berfungsi sebagai pemisah pemisah crude menjadi fraksi ringan (Offgas dan Nafta) di bagian atas dan fraksi yang lebih berat ke bagian bawah dengan bantuan steam sebagai sumber energy. (Istimewa)

INDRAMAYU -- PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinary Unit (RU) VI Balongan, Kabupaten Indramayu, tengah memperiapkan pekerjaan besar memperbaiki kehandalan kilang. Sejumlah peralatan canggih pun bakal dibongkar pasang guna meningkatkan kapasitas pengolahan kilang pemasok bahan bakar minyak (BBM) dan non BBM dalam negeri.

Perlu diketahui, ada beberapa pekerjaan besar pada turn around kilang Balongan tahun ini. Salah satnya adalah bongkar pasang preflash column.

Pengerjaan pemasangan preflash column ini menjadi milestones penting dalam RDMP Balongan memiliki visi untuk menaikkan kapasitas pengolahan kilang dari 125 ribu barel per hari menjadi 150 ribu barel per hari guna menyokong ketahanan energi negeri.

Preflash Column buatan dalam negeri yang didatangkan ke kilang Balongan, Kabupaten Indramayu. (Istimewa)
Preflash Column buatan dalam negeri yang didatangkan ke kilang Balongan, Kabupaten Indramayu. (Istimewa)

Preflash Column yang didatangkan ke Balongan ini memiliki ketinggian tinggi 27 meter, diameter 3,5 meter, berat 104, 2 ton. Bagian vital ini berfungsi sebagai pemisah pemisah crude menjadi fraksi ringan (Offgas dan Nafta) di bagian atas dan fraksi yang lebih berat ke bagian bawah dengan bantuan steam sebagai sumber energy.

 

Pemasangan preflash column ini merupakan tahapan penting dari upgrading Unit CDU (Crude Distillation Unit) dalam kilang. Mengingat fungsi peralatan preflash column yang vital dalam RDMP Balongan, maka proses pemasangan dilakukan dengan quality control yang ketat dari aspek teknis dan safety.

Meskipun termasuk ke dalam peralatan Long Lead Item (LLI), atau peralatan yang umumnya membutuhkan waktu delivery sangat lama untuk proyek, preflash column buatan dalam negeri agar dapat dipasang tepat waktu.

Prosedur pemasangan Preflash Column dilakukan dengan perencanaan matang oleh tenaga ahli. Hal tersebut dikarenakan preflash column ini termasuk peralatan utama di proyek RDMP Balongan. n Agus Yulianto

sumber : https://matapantura.republika.co.id/posts/57138/mengenali-bagian-vital-equiptmen-kilang-balongan-yang-diganti-dan-tujuannya
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement