Jumat 18 Feb 2022 13:32 WIB

Kisah Orang Terkaya: Wee Cho Yaw, Miliarder Pewaris yang Bikin Bank UOB Jadi Raksasa

Salah satu orang terkaya dunia, Wee Cho Yaw adalah pengusaha asal Singapura yang merupakan ketua United Overseas Bank (UOB).

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Wee Cho Yaw, konglomerat real estat Singapura. (ROSLAN RAHMAN/AFP VIA GETTY IMAGES)
Wee Cho Yaw, konglomerat real estat Singapura. (ROSLAN RAHMAN/AFP VIA GETTY IMAGES)

Salah satu orang terkaya dunia, Wee Cho Yaw adalah pengusaha asal Singapura yang merupakan ketua United Overseas Bank (UOB) dan United Industrial Corporation (UIC) di Singapura.

Wee bergabung dengan dewan direksi United Chinese Bank (UOB) pada tahun 1958. Wee diangkat sebagai direktur pelaksana bank tersebut dua tahun kemudian ketika ayahnya Wee Kheng Chiang, pendiri United Chinese Bank, pensiun pada tahun 1974.

Wee lahir pada 1929. Ibunya adalah istri kedua dari Wee Kheng Chiang, pengusaha yang beroperasi di Sarawak yang merupakan seorang Hokkien dari pulau Kinmen. Pada tahun 1937, Wee dan keluarganya melarikan diri ke Kuching di Kalimantan untuk menghindari Perang China-Jepang.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Shi Yonghong, Pria yang Jadi Miliarder Berkat Kasih Utang ke Teman

Dia tinggal bersama keluarga istri pertama ayahnya selama sekitar satu tahun sebelum pindah ke Singapura, di mana dia bersekolah di Sekolah Dasar Gong Shang dan Sekolah Menengah Cina.

Pendidikannya terganggu oleh invasi Jepang ke Singapura dan Malaya sehingga Wee menghabiskan sebagian besar invasi Jepang bersama keluarganya di Karimun, Indonesia. Setelah invasi Jepang, Wee kembali ke Singapura dan bersekolah di SMA Chung Cheng. Di sana ia terlibat dalam politik anti-kolonial, dan diselidiki oleh otoritas Inggris sebelum ayahnya kemudian menariknya keluar dari sekolah.

Pada tahun 1949, Wee mulai bekerja di Kheng Leong, sebuah bisnis milik keluarganya yang memperdagangkan komoditas seperti karet, merica, dan tepung sagu. Wee dekat dengan ayahnya dan mempelajari cara-cara bisnis, mengambil berbagai kontak dan koneksi ayahnya yang merupakan seorang jutawan.

Pada tahun 1958, Wee menjadi direktur termuda di dewan United Chinese Bank (UCB kini UOB), yang didirikan ayahnya pada tahun 1935. Dia kemudian menghabiskan beberapa bulan bekerja di sebuah bank Inggris di London untuk mempelajari operasinya, sebelum kembali bekerja di UCB.

Pada tahun 1960, Wee Kheng Chiang mengundurkan diri sebagai direktur pelaksana UCB. Sambil tetap sebagai ketua, Wee mengambil alih jabatan tersebut mulai 1 Juli.

Sebelumnya, bank hanya berurusan dengan bisnis lokal, tetapi Wee memindahkan bank tersebut ke dalam valuta asing dan pembiayaan perdagangan internasional. Pada tahun 1964 UCB mengajukan permohonan untuk membuka cabang di Hong Kong, dan berganti nama menjadi United Overseas Bank (UOB) mulai Januari 1965 untuk menghindari bentrokan nama dengan bank yang ada di sana.

Kini, Wee telah mengembangkan bisnis pembiayaan perdagangan bank lebih dari seratus kali lipat dari sebelum dia mengambil alih operasinya. Dia juga telah meningkatkan modal, mengembangkan bisnis pinjaman dan memperbesar asetnya hampir sembilan kali lipat. Forbes memperkirakan, Wee kini berharta USD7,8 miliar (Rp111 triliun).

Di bawah arahan Wee, UOB memperluas jaringan cabangnya di Singapura dan internasional, dan selanjutnya melakukan diversifikasi ke bisnis keuangan, properti, asuransi, realty, wali amanat dan layanan pelaksana, pembiayaan sewa guna usaha dan perbankan pedagang.

Bank go public pada tahun 1970, dan Wee diangkat sebagai wakil ketua setahun kemudian. Pada bulan Juni 1971, UOB mengakuisisi 49,8% dari Chung Khiaw Bank.

Setelah mengundurkan diri sebagai ketua bank pada tahun 2013, Wee pensiun sebagai direktur pada April 2018, posisi yang telah dipegangnya selama enam dekade. Putra tertua Wee, Wee Ee Chong kini menjadi CEO UOB, sementara putra bungsu Wee Ee Lim menduduki kursi dewan direksi.

Lengan properti keluarga Kheng Leong memiliki  45 apartemen di Nassim, sebuah kondominium mewah seharga USD290 juta (Rp4,1 triliun), dan lain sebagainya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement