Kamis 17 Feb 2022 11:01 WIB

Menteri Keuangan Rusia: Melarang Kripto Sama dengan Melarang Internet, tidak Mungkin!

Terus meminta negara melarang cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) di Rusia disebut sangat tidak mungkin. Sila baca di sini.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Mata Uang Kripto
Mata Uang Kripto

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov menyatakan, sebagai Bank Russia yang terus meminta negara untuk melarang cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) di negara tersebut sangat tidak mungkin.

Melansir dari Forbes Rusia, Rabu (16/02) Siluanov menyatakan pada briefing kementerian dengan bank sentral bahwa menempatkan larangan kripto di Rusia adalah "sama dengan melarang internet, yang tidak mungkin."

Baca Juga: Masih Muda dan Berhati Mulia, Miliarder Kripto Paling Dermawan Ini Ingin Berbagi hingga Rp142 T

Menteri keuangan mengatakan bahwa mengatur industri cryptocurrency sesegera mungkin jauh lebih baik daripada melarangnya karena ini akan memungkinkan pemerintah untuk akhirnya memantau pasar dan menumbuhkan anggaran negara menggunakan pajak dari penambangan kripto.

"Apa yang salah dengan itu, saya tidak mengerti mengapa itu harus dilarang," kata Siluanov pada briefing, menambahkan bahwa ada solusi mudah untuk memajaki pasar. Menurut menteri, pemerintah harus menahan pajak dari keuntungan yang direalisasikan atas jumlah aset fiat yang disetorkan dan ditarik.

"Bank Sentral ingin melarang langsung aset kripto dengan alasan bahwa ini menciptakan risiko, terutama bagi warga negara dan dapat menginfeksi lembaga keuangan, bank serta menciptakan pasar penyelesaian yang buram," kata Siluanov.

Dia menambahkan bahwa kementerian keuangan mengakui kekhawatiran ini dan dengan demikian merasa perlu untuk membatasi paparan cryptocurrency oleh investor non-profesional sebagai bagian dari konsep peraturan kripto yang dirilis pada awal Februari.

Dengan demikian, jumlah maksimum untuk investor yang tidak berpengalaman dapat ditetapkan dalam 50.000 rubel Rusia (660 dolar) hingga 100.000 rubel (1.300 dolar), kata menteri itu. Sebelumnya, wakil Siluanov Alexei Moiseev menyarankan untuk membatasi pembelian tersebut menjadi 660 dolar.

Sementara itu, Bank Russia tidak mendukung gagasan membiarkan investor non-profesional membeli cryptocurrency seperti Bitcoin dengan risiko umum seperti penipuan dan pencucian uang. Otoritas juga telah cukup memusuhi kripto ketika datang ke penambangan, memperingatkan terhadap skema penambangan penipuan soal "cryptocurrency yang tidak ada."

Setelah bertahun-tahun argumen, Bank Russia dan Pemerintah Rusia diperkirakan akhirnya akan menemukan kesamaan dalam peraturan kripto di negara itu pada hari Jumat ini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement