Senin 31 Jan 2022 19:34 WIB

MARI Bantu Generasi Muda Bersaing Era Digital

MARI menggiatkan dua usaha baru yang menyasar langsyng pada customer

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Gita Amanda
Di penghujung 2021, PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) terus mengembangkan unit usahanya, baik sembilan radio dan digital platform-nya NOICE dan Showbeast.
Foto: MARI
Di penghujung 2021, PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) terus mengembangkan unit usahanya, baik sembilan radio dan digital platform-nya NOICE dan Showbeast.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Di penghujung 2021, PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) terus mengembangkan unit usahanya, baik sembilan radio dan digital platform-nya NOICE dan Showbeast.

MARI juga menggiatkan dua usaha barunya yang menyasar langsung pada customer (B2C) yaitu MARI Institute, sebuah program kelas edukasi singkat, serta Anak Radio Store yang bergerak pada usaha merchandising. Sepanjang 2021, MARI Institute tercatat telah membuka kelas virtual dengan total lebih dari 1.000 orang partisipan. MARI Institute memfokuskan kelasnya pada edukasi bidang radio and broadcasting, public speaking, creative communications, dan digital and social media.

“Dengan pengalaman yang kami miliki selama belasan tahun, kami ingin membagikannya kepada masyarakat yang juga memiliki minat sama dengan kami, khususnya di bidang komunikasi serta menyiapkan talent dari generasi muda berikutnya,” kata President Director MARI, Adrian Syarkawie dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/1/2022).

Dia berharap MARI Institute dapat memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Sedangkan Anak Radio Store telah membukukan penjualan sebanyak total lebih dari 200 produk apparel. “Anak Radio Store sendiri sebetulnya bukan hanya berfokus pada bisnis retail, tapi juga membentuk komunitas anak radio yang tersebar di penjuru Indonesia,” ujar Adrian.

Setelah melalui masa pandemi yang cukup menantang, radio-radio grup MARI semakin mantap berevolusi. Di antaranya, Most Radio 105.8 FM yang memperkenalkan identitas barunya sebagai MOST 1058 (Most One O Five Eight), Delivering the Most Trending News. Perubahan secara menyeluruh dalam konten siaran mulai digencarkan MOST 1058 mulai tahun ini.

photo
Di penghujung 2021, PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) terus mengembangkan unit usahanya, baik sembilan radio dan digital platform-nya NOICE dan Showbeast. - (MARI)

Bila di tahun-tahun sebelumnya, radio yang memiliki komunitas pendengar dengan sebutan Most People ini hanya mengusung musik hits 80an, kini berevolusi menjadi radio dengan konten berita dan informasi-informasi terkini dengan tambahan bumbu konten musik era 80an.

Sementara itu, radio JAK 101 FM memperkenalkan dirinya dengan sebutan baru, yaitu JAK 101. Radio ini juga memiliki tagline baru yaitu All Great Things for Your Day yang dimaksudkan sebagai komitmen JAK 101 untuk menyajikan konten audio hiburan dan informatif yang akan menjadi mood booster sehari-hari bagi pendengarnya. Konten-konten radio ini diperuntukkan bagi masyarakat Jakarta yang pada umumnya adalah pekerja, baik di perkantoran maupun usaha mandiri. JAK 101 sendiri juga berhasil merangkul total 117 klien sebagai mitra beriklan sepanjang 2021.

Di sisi lain, ada radio Mustang FM yang hadir sebagai sahabat bagi generasi muda Indonesia khususnya Jakarta. Radio ini mengusung tagline Best Curated Music and Content for Youth, yang semakin menegaskan siapa target pasarnya. Di penghujung 2021, Mustang FM menggelar Angket Mustang untuk memilih orang-orang paling berpengaruh termasuk sosial media influencer, musisi, selebriti hingga komunitas, ditambah dengan pilihan momen paling berkesan selama 2021.

Angket Mustang 2021 berhasil meraih lebih dari 11 ribu voters. Tak cukup sampai di situ, Mustang 88 FM juga akan menambah jam terbang radionya untuk tampil secara visual dan interaktif.

Di tahun 2021, Mustang FM berkolaborasi dengan brand ternama H&M dan Havaianas untuk menggelar Live Shopping. Sementara itu, penampilan terintegrasi antara siaran radio dan visual melalui Instagram Live Mustang FM akan digawangi melalui program siaran paginya, yaitu Mustang Morning Squad mulai awal tahun ini.

Grup MARI juga mengelola genre konten khusus yang digemari oleh mayoritas wanita di Indonesia melalui radio KIS FM. Pada 2022 ini, KIS FM akan semakin merangkul pendengarnya dan berperan sebagai sahabat yang paling mengerti wanita, mulai dari konten keluarga, fesyen, gaya hidup, hingga makeup dan segala hal yang happening di antara kaum dengan populasi terbesar di Indonesia ini.

Bagi para pecinta musik lokal asli Indonesia, dangdut dan pop Melayu, radio HOT FM adalah pilihan yang paling tepat. Radio ini telah berkomitmen selama lima tahun dan terus melanjutkan misinya untuk menebarkan optimisme terhadap musik dangdut di Indonesia, bahkan dunia.

Konten siaran HOT FM juga dibuat sebagai hiburan masyarakat dan tentunya membawa berbagai pesan positif yang membangun. HOT FM kini juga telah merangkul lebih dari 500 ribu pengikut di sosial media, serta lebih dari 300 anggota aktif komunitas yang dinamakan Teman Hot. Keseriusan komunitas ini terlihat dengan dibentuknya kepengurusan yang dipimpin oleh ketua komunitas yang disebut sebagai Gubernur Teman Hot.

Tak ketinggalan, radio GEN FM yang memiliki dua stasiun radio di Jakarta dan Surabaya juga kian menunjukkan prestasinya sebagai radio teratas di tanah air. Pada 2021, GEN FM Jakarta tercatat sebagai radio dengan peringkat teratas dengan total lebih dari tiga juta listenerships. GEN FM Jakarta maupun Surabaya kian fokus dengan misi menjadikan musik Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri. GEN FM juga sudah memiliki komunitas aktif yang dinamai Koper (komunitas pendengar) GEN FM dengan lebih dari 900 pengikut.

Di luar program siaran radio reguler, radio-radio grup MARI juga berhasil menggelar sebuah program terintegrasi yang dinamakan Radio Fest. Program ini merupakan hasil kolaborasi seluruh unit usaha MARI dan juga performer yang terdiri dari musisi lokal dan internasional, serta kreator konten lokal. Beberapa di antara kolaborator itu adalah Marion Jola, Mahalini, Kaleb J, Podcast Ancur, serta JVKE dan Vaultboy sebagai musisi internasional yang musiknya sedang trending di sosial media. Selama masa penayangannya, Radio Fest berhasil meraih total 100 ribu views.

Kini MARI juga membawahi dua digital platform yang diperuntukkan bagi kreator konten lokal. Satu di antaranya adalah NOICE yang merupakan audio streaming platform yang fokus pada konten audio lokal non-musik dengan lebih dari 1,5 juta pengguna. Saat ini, NOICE telah berkolaborasi dengan lebih dari 300 konten kreator se-Indonesia dengan lebih dari 2.000 episode podcast.

Di sisi lain, PT CUAN (Cepat Untung Agar Nikmat) yang merupakan joint venture MARI dengan PT Nusantara Teknologi Terdepan mengelola digital platform bernama Showbeast, tercatat sepanjang 2021 lalu, Showbeast telah berhasil menggelar hingga 59 showcase yang ditayangkan secara virtual.

“Kami optimistis, di tengah segala kemudahan akses dan inovasi digital, seluruh unit usaha MARI ini sangat berpotensi untuk berkembang lebih jauh lagi pada 2022,” kata Adrian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement