REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gojek melalui layanan GoFood menjadi pelopor layanan pesan-antar makanan online yang meluncurkan fitur informasi Ongkos Parkir yang dapat dilihat oleh mitra driver dan pelanggan secara otomatis dari aplikasi.
Menurut VP Corporate Affairs, Food & Groceries Gojek Rosel Lavina, ongkos parkir yang dibayarkan oleh pelanggan akan diterima oleh mitra driver secara utuh sesuai dengan yang tertera pada aplikasi driver dan pelanggan. "Agar mitra driver dapat terus menjaga pendapatan harian, kami menerapkan Ongkos Parkir yang dibayarkan pelanggan melalui aplikasi secara otomatis di mana 100 persen akan masuk ke pendapatan mitra driver," kata Rosel.
Fitur Ongkos Parkir ini menjadi solusi agar mitra driver tidak perlu lagi mengeluarkan ongkos parkir dari kantong mereka sendiri. Fitur ini juga memudahkan mereka agar tidak meminta ke pelanggan secara terpisah di luar aplikasi.
Untuk mengetahui besaran biaya parkir, Rosel mengatakan, Gofood telah melakukan proses identifikasi lapangan di masing-masing lokasi mitra UMKM GoFood. Data ini secara berkala akan terus diperbarui untuk semakin memberikan layanan terbaik bagi pelanggan maupun mitra driver.
Selain itu, GoFood juga telah memulai fase pertama pemberlakuan Ongkos Driver Nunggu (wait time fee) di sejumlah kota secara bertahap untuk mengkompensasi waktu yang dihabiskan mitra driver ketika menunggu pesanan.
"Berbagai upaya ini merupakan bagian dari komitmen GoFood untuk mitra agar menjaga peluang pendapatan. Di saat yang sama, kami harap sejumlah inisiatif yang kami dorong ini dapat berdampak positif bagi mitra di ekosistem kami secara jangka panjang," kata Rosel menjelaskan.