Selasa 11 Jan 2022 07:13 WIB

Pembuat Gim Grand Theft Auto Akuisisi Zynga Seharga Rp 181,610 Triliun

Pemegang saham Zynga akan menerima 3,50 dolar AS tunai untuk per lembar saham.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Grand Theft Auto 3. Pembuat gim Grand Theft Auto dan Red Dead Redemption, Take-Two, membeli Zynga yang merupakan perusahaan pembuat gim FarmVille dan Words With Friends.
Grand Theft Auto 3. Pembuat gim Grand Theft Auto dan Red Dead Redemption, Take-Two, membeli Zynga yang merupakan perusahaan pembuat gim FarmVille dan Words With Friends.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pembuat gim Grand Theft Auto dan Red Dead Redemption, Take-Two, membeli Zynga yang merupakan perusahaan pembuat gim FarmVille dan Words With Friends, dalam kesepakatan tunai dan saham dengan nilai sekitar 12,7 miliar dolar AS atau setara Rp 181,610 triliun (kurs Rp 14.300 per dolar AS).

Seperti dilansir dari AP, akuisisi yang diumumkan pada Senin (10/1/2022) tersebut akan mengawinkan pembangkit tenaga listrik dalam gim konsol, Take-Two, dengan perusahaan game seluler dengan pengikut yang hampir mirip.

Baca Juga

Pemegang saham Zynga akan menerima 3,50 dolar AS tunai untuk kepemilikan per lembar saham dan 6,36 dolar AS per lembar  untuk setiap lembar saham Zynga yang beredar pada penutupan. Transaksi ini bernilai 9,86 dolar AS per lembar saham biasa Zynga.

“Kombinasi strategis ini menyatukan konsol dan waralaba PC terbaik di kelasnya, dengan platform penerbitan seluler terdiversifikasi yang terkemuka di pasar yang memiliki sejarah inovasi dan kreativitas yang kaya,” kata Ketua dan CEO Take-Two, Strauss Zelnick.

Take-Two mengantisipasi kesepakatan itu akan membantu mewujudkan versi seluler dari beberapa gim berbasis konsol dan komputer pribadinya.

Take-Two mengatakan pada hari Senin (10/1/2022), bahwa pihaknya mengantisipasi penghematan biaya tahunan sekitar 100 juta dolar AS dalam dua tahun pertama setelah transaksi selesai.

CEO Zynga Frank Gibeau dan presiden penerbitannya, Bernard Kim, akan mengawasi integrasi dan operasi sehari-hari dari gabungan bisnis Zynga dan T2 Mobile Games, yang akan beroperasi di bawah merek Zynga sebagai labelnya sendiri dalam Take-Two. Take-Two juga akan memperluas dewannya menjadi 10 anggota setelah ditutup, menambahkan dua anggota dari dewan Zynga. Adapun transaksi tersebut termasuk penyediaan go-shop, memberikan Zynga 45 hari untuk mendengar proposal alternatif.

Kesepakatan itu diharapkan akan ditutup pada kuartal pertama tahun fiskal Take-Two 2023 yang berakhir pada 30 Juni. Itu masih membutuhkan persetujuan dari pemegang saham Take-Two dan Zynga. Itu telah mendapat persetujuan dari dewan kedua perusahaan.

Saham Zynga Inc yang berbasis di San Francisco, melonjak 52,5 persen menjadi 9,15 dolar AS per lembar. Saham Take-Two Interactive Software, Inc yang berbasis di New York City, turun 8,7 persen menjadi 150,25 dolar AS per lembar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement